Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Minggu 26-05-2024,06:55 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Kabarnya menjadi salah satu masjid yang pertama dibangun saat pendudukan Belanda. Jadi diperkirakan berdiri di awal abad ke-19. Meskipun sudah beberapa kali direnovasi, namun sejarah dari masjid tersebut tidak pernah dilupakan.

BACA JUGA: Masjid Agung Brebes, Simbol Kebijaksanaan Masyarakat Berusia Ratusan Tahun

3. Masjid Tukul Cangkring 

Masjid Tukul di desa Cangkring, kecamatan Talang ini masih menjadi misteri sampai sekarang. Karena masjid yang satu ini dalam beberapa literatur sejarah dan penuturan warga didirikan oleh Sunan Bonang dan Pangeran Panggung (dalam catatan lain, dibangun oleh Sunan Giri dan kawan-kawannya) hanya dalam waktu semalam, malam Jum’at Kliwon. 

Proses pembangunan masjid tersebut terhenti ketika kepergok oleh warga yang melihat secara langsung proses pembuatan masjid tersebut.

4. Masjid Agung Tegal

Masjid Agung Tegal membuktikan rangkaian pertumbuhan dan perkembangan Islam di wilayah Tegal yang dimulai dari era Mbah Panggung.

BACA JUGA: Di Balik Kemegahan Masjid Agung Kota Tegal, Ternyata Pernah Jadi Saksi Bisu Perang Diponegoro

Masjid Agung Tegal menjadi simbol proses perkembangan Islam di Tegal. Pendirian masjid agung diprakarsai oleh Kyai Abdul Aziz yang merupakan pejabat penghulu pertama di Tegal di atas tanah yang ia wakafkan.

4. Masjid Al-Hikmah Pesengkong

Masjid bersejerah di Tegal terakhir yaitu masjid Al-Hikmah Pesengkongan, yang disebut-sebut juga sebagai Masjid Agung pertama di Kota Tegal. Ini karena lokasinya yang dekat dengan kawasan Balai Kota Lama. 

Hal itu dibuktikan dengan adanya prasasti atau candrasengkala di ukiran kayu jati yang masih terpajang di atas pintu masjid. Pada prasasti tersebut disebutkan tahun berdirinya masjid sejak 15 Ramadhan Tahun Wawu 1241 Hijriyah.

BACA JUGA: Dibuat Wali Hanya Satu Malam, Masjid Tukul di Tegal Jejak Peradaban Islam di Pesisir Pantura Jawa

Penutup

Masjid bersejarah di Tegal mempunyai nilai sejarah dalam majunya peradaban Islam di wilayah ini, sebagai bukti bahwa para wali dan masyarakat ikut berkontribusi dalam pembangunannya. Hingga sampai sekarang beberapa masjid ini tetap masih ramai untuk ibadah, dan tidak lekang oleh waktu.

Kategori :