No Ribet! Begini 9 Cara Membersihkan Paru-paru Kotor Secara Alami

Jumat 24-05-2024,20:04 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Teguh Mujiarto

Untuk membersihkan paru-paru, konsumsilah makanan dan minuman anti-inflamasi seperti buah beri, brokoli, kunyit, dan coklat hitam. Kemudian, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti teh hijau. 

BACA JUGA: Cara Menggunakan Maskara yang Benar agar Mata Terlihat Lebih Mempesona dan Menawan

4. Konsumsi makanan rendah karbohidrat

Selain itu, konsumsi pula makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak sehat. Sebab, kedua makanan itu dapat meningkatkan oksigen dalam tubuh.

5. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan dapat meningkatkan fungsi paru-paru, khususnya bagi Anda yang merokok, pernah merokok di masa lalu, dan memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis.

Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan pernapasan bibir dan perut. Selain itu juga dapat menggunakan alat seperti spirometer yang biasa digunakan setelah operasi untuk membantu proses pemulihan.

6. Latihan perkusi

Perkusi adalah teknik yang dapat membantu mengalirkan cairan dari paru-paru. Caranya dengan berbaring dengan kepala menunduk dan mengetuk punggung dengan ringan.

Anda dapat berbaring dalam posisi miring, tengkurap, maupun telentang. Dengan teknik ini, cairan dari paru-paru akan lebih mudah keluar.

7. Hirup udara segar di luar ruangan

Udara segar di luar ruangan dapat meningkatkan jaringan paru-paru sehingga menjaga fungsi organ tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk menghirup udara segar di luar ruangan secara rutin.

Namun sebelum berpergian untuk mencari udara di luar ruangan, periksa dulu tingkat polusi di wilayah Anda. Jika tingkat polusinya tinggi, sebaiknya hindari beraktivitas di luar ruangan karena justru berbahaya bagi pernapasan.

Bila terdesak untuk beraktivitas di tengah polusi, gunakanlah masker. Selain tingkat polusi, periksa juga apakah di lingkungan Anda ada pembakaran sampah, pembakaran kayu, dan lainnya yang menimbulkan asap beracun dan tidak sehat bagi paru-paru. 

8. Hindari pewangi buatan

Kategori :