Sudah Ada Sejak Abad ke-17, Berikut Fakta Menarik Tugu Teh Poci Tegal

Sabtu 25-05-2024,06:22 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Keunikan lain tentang teh Slawi khas Tegal juga berkaitan dengan tradisi masyarakat setempat. Menurut Pande Made Kutanegara, seorang antropolog dari UGM di Yogyakarta, diduga sebelum abad ke-17 minum teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tegal. 

BACA JUGA: Asal Usul Mantu Poci Tegal, Kota yang Penuh dengan Langka-langka, Keunikan dan Kisah Menarik

Menurutnya, budaya minum teh sudah berakar dari tradisi Tiongkok. Teh yang ada di Tegal memang dikonsumsi langsung dari Tiongkok bahkan sebelum ada tanaman teh di Indonesia. Pendapat lain juga menyebutkan tradisi minum teh sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Konon, teh telah menjadi minuman bagi kalangan istana dan menjadi jamuan bagi para tamu kehormatan. 

Akronim nasgitel dan wasgitel

Karena citra rasa teh khas Tegal yang khas, maka muncul istilah “nasgitel” atau “wasgitel”. Nasgitel adalah akronim yang berasal dari panas, legi (manis), dan kenthel (pekat). Sedangkan wasgitel ialah akronim dari dari kata wangi, panas, sepet, legi (manis), lan (dan) kenthel (kental). 

Maknanya ialah teh panas, sepet, manis, wangi beraroma bunga melati, dan berwarna hitam pekat alias kental. Biasanya minum teh ini disajikan dengan ditemani makanan kecil.

BACA JUGA: Sejarah dan Keunikan Teh Poci Slawi yang Menggoda di Tengah Serbuan Derasnya Minuman Modern

Kesimpulan 

Tegal menjadi daerah yang lekat dengan aroma teh dan tradisi meminum teh. Masyarakat Tegal mengenalnya sebagai tradisi moci, meminum teh dengan menggunakan poci berbahan tanah liat. Bahkan Tugu Teh Poci Tegal memilki nilai filosofis.

Demikian informasi mengenai fakta unik tugu teh poci Tegal. Semoga bermanfaat.

Kategori :