6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Permanen, Blackhead Auto Hilang Guys

Jumat 17-05-2024,12:40 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Khikmah Wati

Produk-produk ini banyak dijual di pasaran dalam bentuk gel, krim, hingga plester yang bisa ditempelkan di kulit. Pastikan produk yang kamu beli sudah terdaftar BPOM dan tidak kadaluarsa, serta ikuti petunjuk pemakaiannya dengan benar.

2. Obat dari Dokter

Kalau komedo sangat bandel dan tidak mempan dengan produk yang dijual bebas, kamu bisa menggunakan obat-obatan dari dokter. 

Sebelum itu, tentu kamu perlu menjalani serangkaian pemeriksaan supaya obat yang diberikan tepat dan efektif. Umumnya, dokter akan memberikan obat dengan kandungan antibiotik, tetapi dokter juga bisa meresepkan beberapa jenis obat lain seperti benzoil peroksida, retinoid, asam glikolat, dan asam salisilat.

3. Menggunakan Alat Pengangkat Komedo

Menggunakan alat pengangkat komedo (komedo extractor). Kalau kamu mau mencoba cara ini, kamu perlu datang langsung ke dokter spesialis kulit atau ke dokter estetika karena cara ini lebih aman dilakukan oleh ahlinya. 

Meskipun aman, komedo extractor tetap ada risikonya, yaitu membuat kerusakan jaringan dan munculnya jaringan parut.

BACA JUGA: Ampas Teh Bisa Buat Kulit Wajah Lebih Cantik, Jangan Dibuang! Berikut Manfaat Lengkapnya

4. Melakukan Peeling

Peeling adalah teknik pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mengatasi berbagai masalah kulit termasuk jerawat dan komedo. 

Peeling dilakukan menggunakan bahan atau larutan kimia ringan seperti asam salisilat, tretinoin, dan asam glikolat, sehingga aman untuk kulitmu. Ada beberapa jenis peeling, yaitu dangkal, sedang, dan dalam, tergantung hasil pemeriksaan dokter.

5. Menggunakan Teknik Mikrodermabrasi

Teknik ini dilakukan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang terletak pada lapisan kulit terluar atau epidermis. Termasuk komedo.

Dokter akan menggunakan alat khusus untuk menyemprotkan bahan sejenis kristal untuk mengangkat komedo dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Meskipun umumnya aman, mikrodermabrasi juga bisa menimbulkan efek samping seperti kemerahan, bengkak, dan kulit kering.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Skincare Terbaik di Tiktok Viral 2024, Produk Lokal Terbaik Siap Manjakan Kulit Anda

Kategori :