Waspada, Ini Resiko Ganti Kampas Rem Mobil Murah, Jangan Sampai Menyesal

Senin 15-04-2024,15:30 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

4. Fading Rem

Fading rem adalah kondisi di mana kampas rem kehilangan efektivitasnya saat panas. Hal ini dapat terjadi pada kampas rem murah, terutama saat mengerem di jalanan menurun atau menanjak.

Fading rem dapat menyebabkan hilangnya kontrol kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:10 Poin Penting dalam Membeli Mobil Bekas agar Tidak Kena Tipu, Hati-hati Harga Terlalu Murah

5. Merusak Cakram Rem

Perlu Anda ketahui bahwa menggunakan kampas rem murah tidak hanya bisa menyebabkan fading rem namun juga bisa merusak cakram rem.  Penyebabnya dari material kampas rem murah yang keras.

Material kampas rem murah yang keras lama kelamaan akan menggores dan merusak cakram rem seiring dengan berjalannya waktu. Terlebih apabila mobil sering melakukan pengereman atau perjalanan jauh.

6. Gradak

Getaran saat mengerem atau bahasa gaulnya gradak juga bisa dirasakan akibat menggunakan kampas rem mobil murah. Getaran ini disebabkan oleh permukaan kampas yang sudah tidak rata akibat sering digunakan terus menerus.

Selain itu, permukaan kampas rem murah yang tidak kompatibel dengan piringan cakram juga bisa menjadi penyebab mobil gradak.

BACA JUGA:Penting! Begini Tips Membeli Mobil Pertama Buat Pemula Agar Tidak Menyesal

Getaran yang ditimbulkan juga tidak tanggung-tanggung bahkan bisa terasa sampai ke area kabin, sehingga membuat tidak nyaman penumpang dan pengendara.

Lebih dari itu, getaran ketika mengerem juga berkemungkinan untuk merusak komponen penting lainnya yang ada didalam mesin maupun sistem pengereman.

Akhir kata

Memilih kampas rem mobil yang murah mungkin terlihat menarik karena harganya yang lebih terjangkau. Namun, di balik harga murah tersebut terdapat risiko yang besar bagi keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

Risiko-risiko seperti pengereman yang tidak optimal, kampas rem cepat aus, suara berdecit, fading rem, kerusakan cakram rem, dan getaran saat mengerem (grabak) dapat terjadi jika Anda menggunakan kampas rem murah.

Kategori :