Waspada, Ini Resiko Ganti Kampas Rem Mobil Murah, Jangan Sampai Menyesal

Senin 15-04-2024,15:30 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL -  Masih suka mengganti kampas rem mobil yang harganya murah dan mereknya tidak terkanal? Hati-hati bisa sebabkan kecelakaan, berikut pembahasan lengkapnya.

Kampas rem mobil sendiri merupakan komponen yang paling penting yang bekerja pada sistem pengereman mobil. Fungsi utama dari komponen ini tentu untuk memperlampab atau mengentikan laju mobil.

Cara kerja dari kampas rem mobil adalah dengan menekan atau menggesek cakram mobil. Dengan begitu laju ban akan melambat dan pada akhirnya mobil bisa berhenti.

Menggunakan kampas rem yang berkualitas akan meberikan pengereman yang optimal dan aman. Sebaliknya, apabila menggunakan kampas rem mobil yang murah dengan nama merek yang asing, bisa memperbesar resiko mobil gagal mengerem.

BACA JUGA:4 Penyebab Perawatan Mobil Matic Mahal dan Sejumlah Gangguannya, Sebelum Beli Mending Simak Dulu

Nah pada artikel ini akan dijelaskan mengapa memilih kampas rem pada mobil secara sembarangan sangatlah berbahaya. Bahaya yang bisa terjadi apabila memilih kampas rem sembarangan antara lain:

1. Sulit Untuk Melakukan Rem 

Kampas rem yang murah umumnya terbuat dari material yang kurang berkualitas. Hal ini dapat menyebabkan pengereman mobil menjadi tidak optimal, khususnya ketika mengerem mendadak.

Berbeda dengan kampas rem mobil yang berkualitas yang terbuat dari material tinggi, pasti bisa memberikan pengereman yang optimal.

2. Kampas Rem Cepat Aus

Tak hanya membuat pengereman menjadi tidak optimal, menggunakan kampas rem murahan juga menyebabkan kampas rem itu sendiri cepat aus. Hal ini dikarenakan bahan pada kampas rem murah tidak sebaik kampas rem ideal pada umumnya.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Mobil Matic Ampuh dan Mudah Dilakukan, Lakukan Secara Rutin

3. Sering Muncul Suara Berdecit

Seperti tadi yang sudah dijelaskan, kampas rem yang murah akan lebih cepat aus dari kampas rem ideal. Hal tersebut akan menimbulkan suara berdecit ketika mengerem mobil.

Suara yang dihaslkan sangat melengking sehingga kemungkinan akan menggangu orang disekitar. Bunyi ini juga menjadi tanda bahwa kampas rem mobil sudah aus dan perlu diganti.

Kategori :