Risiko Mengisi Oli Berlebihan pada Motor Matic, Salah Satunya Bikin Gak Bisa Jalan Lagi

Senin 08-04-2024,10:00 WIB
Reporter : Abillah Fatkhuriski
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Oli bagaikan darah bagi motor matic yang menunjang kelancaran aliran dan performa mesin bagaikan sungai kehidupan yang menopang performa kendaraan. Namun, jangan salah! Terdapat risiko mengisi oli berlebihan didalamnya.

Layaknya air bah yang tidak terkendali, mengisi oli secara berlebihan justru dapat membawa dampak negatif yang tak terduga. Risiko mengisi oli berlebihan di antaranya membuat kerusakan mesin yang fatal

Sebagai pengendara, tidak sedikit orang yang mengisi oli mesin yang banyak tanpa tahu risiko mengisi oli berlebihan. Biasanya hal ini menghindari dari kehabisan oli di perjalanan.

Kali kita akan membahas risiko mengisi oli berlebihan agar kita mengetahui seberapa bahayanya. Simak artikelnya berikut ini sampai akhir.

BACA JUGA: Sepeda Motor Honda Giorno Edisi Khusus Resmi Diliris, Buruan Edisi Terbatas Siapa Cepat Dia Dapat

Risiko mengisi oli berlebihan pada motor matic

1. P erforma Mesin Terancam Menurun

Oli berlebih bagaikan genangan yang menghambat pergerakan piston. Gesekan kasar pun tak terelakkan, bagaikan pasir yang menggerus kelancaran mesin. 

Akibatnya, tarikan mesin terasa berat dan akselerasi melambat, bagaikan kuda yang terbebani beban berlebih.

2. Bahan Bakar Boros Menjadi Kenyataan Pahit

Mesin yang bekerja keras akibat oli berlebih bagaikan mesin yang melawan arus deras. Tenaga ekstra pun dibutuhkan, menguras sumber energi dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat pesat.

3. Kerusakan Komponen Mesin Mengintai

Tekanan oli yang berlebihan bagaikan badai yang menerjang seal dan gasket, membuka celah bagi kebocoran. Oli yang bocor bagaikan racun yang mencemari lingkungan dan merusak komponen lain di sekitarnya.

BACA JUGA: 5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat

4. Filter Udara Tak Luput dari Bahaya

Kategori :