Selain Dimakan Langsung, Ini 10 Kreasi Olahan Kurma Yang Bisa Kamu Coba

Rabu 13-03-2024,16:40 WIB
Reporter : Risky Anisah
Editor : Khikmah Wati

5. Puding Kurma
Selain minuman, kurma juga bisa dibuat menjadi camilan yang menyegarkan. Salah satunya ialah puding kurma. 

Kamu dapat membuat puding kurma sederhana dengan siraman saus yoghurt yang rasanya asam manis. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu takjil untuk keluarga.

6. Martabak Manis Toping Kurma

Beberapa jenis kurma memiliki rasa yang mirip dengan kismis, misalnya kurma ajwa. Kurma jenis ini cocok dijadikan sebagai isian atau topping martabak manis. 

Selain cocok dijadikan menu takjil buka puasa, martabak manis kurma juga bisa jadi ide jualan. Kamu dapat mengombinasikan kurma dengan buah segar lainnya agar lebih lezat.

7. Brownies Kurma

Selain minuman dan makanan ringan, kurma juga bisa digunakan sebagai pelengkap brownies. Kamu dapat membuat kreasi olahan kurma untuk campuran adonan atau topping brownies.

8. Kolak

Kurma bisa kamu tambahkan dalam kolak agar rasanya lebih manis dan enak. Kamu bisa menambahkan kurma ketika membuat kolak ubi, kolak pisang, ataupun kolak labu. 

Cara membuatnya sama seperti membuat kolak pada umumnya. Hanya kamu perlu menambahkan kurma pada bahannya.

9. Bubur Ketan Kurma

Jika suka bubur, kamu bisa menjadikan kreasi olahan kurma ke dalam bahannya. Terutama pada bubur yang rasanya manis, seperti bubur ketan. 

Kurma bisa diikuti dimasak bersama bubur atau digunakan sebagai taburan maupun pelengkap. Gunakan kurma yang tidak berkulit supaya lebih nyaman saat dimakan.

10. Salad Buah Kurma

Dessert segar seperti salad buah juga cocok disandingkan dengan kurma yang manis. Selain campuran buahnya, kurma juga bisa diguanakan untuk membuat saus saladnya. 

Caranya, haluskan kurma dengan air, susu, ataupun santan. Masak dengan api kecil hingga mengental, bisa juga diberi larutan maizena untuk menjaga konsistensi kekentalannya.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Toko Kurma di Tegal, Super Lengkap dari Medjol yang Lembut sampai Ajwa

Kesimpulan

Kategori :