6 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lunas dan Tak Perlu Takut Lagi Diteror

Selasa 27-02-2024,06:50 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

4. Buatlah Anggaran Keuangan yang Ketat

Silahkan buat anggaran keuangan yang ketat untuk mengelola pengeluaran Anda.

Sisihkan sebagian besar pendapatan Anda untuk melunasi utang. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan saat ini fokuslah pada pembayaran utang.

5. Belajar Keuangan

Apabila utang Anda di pinjol sudah lunas sampai ratusan juta, maka penting bagi Anda untuk mengambil langkah preventif dengan mempelajari dasar-dasar ilmu keuangan.

Belajarlah bagaimana cara mengelola uang dengan bijak, membuat anggaran, dan berinvestasi agar Anda terhindar jebakan utang di masa depan.

BACA JUGA: Punya Utang Menggunung? Ini 4 Cara Melunasi Hutang Pinjol Paling Aman, Tak Perlu Pinjam Dulu 100

6. Evaluasi Total Utang Anda

Langkah terakhir dalam melunasi utang pinjol ratusan juta yaitu mengevaluasi total utang Anda. Sehingga masalah yang berlalu bisa Anda jadikan pelajaran jika ingin menggukan aplikasi pinjol ini.

Kemudian catat semua pinjaman yang Anda miliki, termasuk jumlah utang, bunga yang harus dibayar, dan jatuh tempo pembayaran.

Tips kerja keras melunasi utang

1. Terapkan Prinsip Dua Kali Lipat

Apabila kalian menginginkan sesuatu yang lebih, maka gunakanlah prinsip dua kali lipat ini. Maksudnya yaitu, apabila kalian dalam keadaan rezeki yang seret dan punya banyak hutang, maka kerja kerasnya juga harus dua kali lipat.

Bukan hanya kerja kerasnya saja yang dua kali lipat. Fokusnya, semangatnya dan ibadahnya juga harus dua kali lipat lebih besar dari biasanya.

Selain itu, hubungan dengan orang tua juga harus dua kali lipat lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan, ridho dari orang tua merupakan salah satu penyebab turunnya rezeki.

BACA JUGA: Punya Uang Lebih? Ini 4 Opsi Alternatif Menguntungkan Dibanding Lunasi Hutang Pinjol Sekaligus

Kategori :