Punya Utang Menggunung? Ini 4 Cara Melunasi Hutang Pinjol Paling Aman, Tak Perlu Pinjam Dulu 100

Senin 26-02-2024,19:25 WIB
Reporter : Teguh Ikhmal Bakhtiar
Editor : Khikmah Wati

Hal ini karena kamu harus menyisihkan uang pendapatan kamu untuk menutup pinjaman yang kamu lakukan. Cara ini ampuh untuk menutup pinjaman loh, karena kamu akan mendapatkan banyak tambahan dana dari gaya hidup hemat yang kamu lakukan.

Contoh gaya hidup hemat adalah dengan menggurangi pengeluaran yang tidak penting. Pengeluaran yang tidak penting ini seperti nongkrong di cafe yang kurang bermafaat.

BACA JUGA: Lunasi Hutang Pinjol dengan Jual Aset? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Menjualnya

3. Cara melunasi hutang pinjol: menggunakan uang darurat

Uang darutat atau dana darurat ini sebaiknya harus kamu siapkan jauh-jauh hari. Dana darurat ini adalah salah satu dari cara yang ampuh untuk bisa melunasi cicilan kamu.

Setiap orang seharusnya memiliki dana ini untuk menghadapi situasi yang tidak menentu. Contohnya saat kamu menghadapi utang yang terlalu banyak.

Sebaiknya, dana darurat ini harus kamu siapkan sesuai dengan jenjang yang kamu alami mulai dari single, berkeluarga dan berkeluarga serta memiliki anak. Minimal untuk dana darurat adalah 3 bulan pengeluaran dan tidak ada bataasan maksimal yang ada.

Dengan menggunakan dana darurat tentu saja utang kita akan cepat lunas. Kita juga tidak akan dikejar oleh para debt collector dari pinjaman online.

BACA JUGA: Bye-bye Galbay! Ini 3 Website Penghasil Uang Gratis untuk Bayar Hutang Pinjol yang Menumpuk

4. Menjual aset penting

Cara terakhir ini mungkin akan sulit untuk orang lakukan karena harus menjual barang atau aset penting mereka. Aset penting yang bisa kamu jual seperti kendaraan, barang elektronik atau kepemilikan saham.

Kamu bisa menjual sesuai dengan besarnya pinjaman yang kamu miliki. Jika pinjaman kamu terlalu besar, maka siap saja untuk menjual banyak aset yang ada.

Demikian ulasan tentang cara melunasi hutang pinjol dengan aman. Temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di radartegal.disway.id.(*)

Kategori :