5 Risiko Cairkan Pinjol Lewat e-Wallet yang Jarang Diketahui, Hati-hati Ada Tambahan Biaya

Rabu 14-02-2024,21:20 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

BACA JUGA : Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

Ditambah lagi jika si debitur tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan. Justru uang pinjaman online yang mestinya digunakan untuk kebutuhan mendesak, malah membuka hutang yang lebih banyak.

Adapun dampak lainnya yang bisa terjadi jika bermasalah dengan e-wallet. Contohnya seperti adanya gangguan layanan atau keamanan, sehingga pengguna sulit untuk mengakses uang yang sudah cair.

3. Berisiko kehilangan uang

Risiko mencairkan pinjol lewat e-wallet berikutnya yaitu kehilangan uang yang sudah dicairkan. Dompet digital memang jadi salah satu platform populer karena tidak seketat lembaga keuangan tradisional.

Namun, tentu ada kemungkinan keamanan layanan tersebut tidak aman, serta ada risiko kehilangan dana. Apalagi jika tidak mengamankan akun e-walletnya maupun menggunakan layanan yang ilegal.

BACA JUGA : 3 Penyebab Nasabah Galbay Tidak Didatangi DC Pinjol Meski Sudah Ngutang Lama, Jangan Anggap Sepele

Sekalipun sudah menggunakan e-wallet legal, masih tetap ada risiko kehilangan data atau uang di dalamnya. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari sistem keamanan yang memang lemah, sampai kesalahan pengguna itu sendiri.

4. Pembiayaan berkelanjutan

Pencairan dana pinjol ke e-wallet juga bisa jadi perangkap pembiayaan berkelanjutan. Jika terus bergantung pada e-wallet untuk memenuhi kebutuhan, tentu bisa saja lama-lama terjerat pada siklus hutang yang panjang.

Apalagi jika ketergantungan pinjaman online ini terus terjadi dalam jangka panjang. Tentu bisa makin menekan beban finansial yang semakin menjadi-jadi.

5. Pelanggaran privasi

Semua platform online tentu memiliki risiko akan adanya pelanggaran privasi, termasuk e-wallet. Informasi pribadi pengguna bisa rentan disalahgunakan oknum nakal jika sampai bocor akibat sistem keamanan yang tidak mumpuni.

BACA JUGA : 4 Jenis Kredit yang Membuat BI Checking Rusak Selain Pinjol, Jangan Asal Ajukan di Luar Kemampuan

Penutup

Risiko mencairkan uang pinjol di atas tidak hanya bisa terjadi pada e-wallet, namun juga platform serupa termasuk transfer bank. Maka dari itu, pastikan selalu menggunakan layanan pinjol dan platform pembayaran yang sudah legal.

Kategori :