Hati-hati! Ternyata Begini Cara Debt Collector Pinjol Ilegal Menyadap Seluruh Kontak HP Nasabahnya

Senin 12-02-2024,17:45 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Artikel kali ini akan membahas cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP. Buat yang penasaran, Anda bisa menyimak pembahasan artikel ini hingga selesai.

 

Ternyata cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP ini sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu disarankan Anda jangan pernah masuk ke lubang pinjol ilegal karena memang sangat berbahaya.

 

Jadi debt collector pinjol ilegal bisa mengetahui seluruh isi kontak HP di luar nomor yang kita cantumkan saat melakukan pinjaman di awal. Lalu bagaimana sih cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP?

 

Nah, ternyata cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP awal mulanya saat nasabah menginstal aplikasi pinjol ilegal untuk pertama kalinya. Seperti kita lihat kasus ini banyak terjadi di lingkungan masyarakat kita.

 

Banyak pinjol ilegal menyadap seluruh kontak pengguna untuk mengirim ancaman kepada teman maupun saudara dari nasabah yang masih memiliki tagihan belum terbayarkan.

BACA JUGA: Bahaya DC Lapangan Pinjol Salah Satunya Risiko Mengalami Tekanan Psikologis Nasabah

Namun Anda tak perlu khawatir. C ara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP bisa kita antisipasi dengan melakukan hal berikut:

 

1. Jangan berikan izin akses kontak pada pinjol ilegal

 

Untuk yang pertama, hal paling penting yakni saat Anda pertama kalinya install aplikasi pinjol jangan memberikan izin akses kontak. Karena izin akses tersebut merupakan salah satu cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP.

 

2. Jangan masukkan nomor darurat saat melakukan verifikasi

 

Seperti kita ketahui saat mengajukan pinjaman di pinjol pastinya harus memasukkan nomor aktif maupun kontak darurat. Nah di situ Anda jangan memasukkan nomor kontak darurat saat proses verifikasi.

 

Karena mengetahui kontak darurat menjadi salah satu cara debt collector pinjol ilegal menyadap seluruh kontak HP.

 

3. Hapus data pinjol

 

Selanjutnya lakukan penghapusan data di aplikasi pinjol untuk mengamankan kontak HP maupun WhatsApp dari pinjol. Jadi Anda hanya perlu buka pengaturan pada ponsel, cari aplikasi pinjol, klik hapus data dan cache, maka aplikasi akan kembali seperti semula ketika pertama kali dibuka.

 

4. Ganti nomor SIM card

 

Kemudian langkah berikutnya setelah penghapusan data lalu uninstall aplikasi pinjol tersebut dan silahkan Anda mengganti nomor SIM card baru. Hal ini bertujuan agar tidak muncul lagi pesan dari aplikasi pinjol dan dapat menghilangkan jejak dari pinjol yang pernah Anda gunakan.

BACA JUGA: 3 Tanda DC Pinjol Sudah Sadap Data Pribadi NIK KTP Pengguna, Nomor Paling 2 Sering Dialami Nasabah

5. Pastikan kontak HP tidak berisi orang terdekat

 

Jika pinjol berhasil menyadap seluruh isi kontak HP Anda, mereka akan mencari tahu nomor yang sering dihubungi Anda dan pihak pinjol akan menghubungi untuk menagih agar yang bersangkutan segera membayarnya. Nah jadi pastikan kontak HP Anda tidak berisi orang- orang terdekat.

 

Sebagai informasi tambahan, masyarakat awam jangan mudah tergiur oleh pinjol ilegal yang persyaratannya mudah dan tidak masuk akal. Selain itu pinjol ilegal menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang terlalu tinggi sehingga banyak kasus nasabahnya kesulitan membayar tagihan.

 

Jadi pinjol ilegal ini sifatnya tidak transparan. Tidak seperti pinjol legal yang terpampang jelas bertuliskan jumlah pokok pinjaman, jumlah suku bunga per bulan dan jumlah nanti yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Selain itu Anda jangan asal klik link pinjol sembarangan pasalnya itu sudah jelas pinjol ilegal.

 

Kemudian pinjol ilegal ini sudah jelas belum resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi belum resmi dan belum dilindungi oleh hukum. Jadi mulai saat ini harap hati-hati dan waspada dengan pinjol ilegal jangan sampai Anda terjebak.

BACA JUGA: Inilah Ciri-ciri Penipuan Danakini Pinjol Palsu yang Masih Jarang Diketahui, Simak Selengkapnya

Nah itulah cara debt collector pinjol ilegal menyadap kontak HP yang mesti Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :