Nasabah Galbay Bisa Merapat, Ini Daftar Aplikasi Pinjol Tanpa BI Checking Legal Resmi OJK Terbaru

Jumat 09-02-2024,18:30 WIB
Reporter : Neysa Alya Salsabila
Editor : Khikmah Wati

Bunga yang ditawarkan maksimal mencapai 3% per bulan, tetapi kamu bisa mendapatkan bunga rendah tergantung pinjaman yang diajukan. Disini kamu tidak perlu menggunakan BI checking sebagai syarat pengajuan pinjaman.

4. Koinworks

Pinjol tanpa menggunakan BI Checking yang paling banyak diminari oleh pengguna di Indonesia yaitu Koinworks. Merupakan perusahaan P2P Lending yang memberikan pinjaman untuk keperluan usaha atau kebutuhan mendesak.

Limit pinjaman Koinworks mulai dari Rp1 juta sampai Rp2 miliar, tenor yang diberikan juga panjang sesuai pinjaman yang diajukan. Bunga yang diberikan mulai dari 0,75% sampai 1,67% per bulan atau 9% sampai 10% per tahunnya. 

5. KTA Kilat

Pinjaman cepat cair tanpa menggunakan BI checking berikutnya yaitu KTA Kilat. Pinjaman satu ini menawarkan limit yang terbatas kisaran mulai dari Rp1 juta dengan cicilan 1 bulan.

Ciri-ciri pinjol legal

1. Mempunyai Izin dari OJK

Berdasarkan Pasal 8 ayat (1) POJK 10/2022, OJK menegaskan penyelenggara yang melaksanakan kegiatan usaha LPBBTI/pinjol harus terlebih dahulu memperoleh izin usaha dari OJK. Artinya, pinjol legal adalah LPBBTI yang telah memperoleh izin usaha dari OJK.

Selanjutnya, penyelenggara pinjol yang telah memperoleh izin usaha dari OJK wajib mengajukan pendaftaran sebagai penyelenggara sistem elektronik kepada instansi yang berwenang maksimal 30 hari kalender sejak diterbitkannya izin usaha dari OJK.

2. Berbentuk Perseroan Terbatas

Pinjol legal atau yang berizin harus berbentuk badan hukum berupa perseroan terbatas dengan modal disetor minimal Rp25 miliar pada saat didirikan. Selain itu, sumber dana penyertaan modal pinjol dilarang berasal dari kegiatan pencucian uang, pendanaan terorisme, pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal, dan kejahatan keuangan lain serta dilarang berasal dari pinjaman.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Terbaru 2024, Ada yang Bisa Dicicil Sampai 36 Kali

3. Ketentuan Penagihan

Berbeda dengan penagihan pinjol ilegal yang cenderung bertentangan dengan hukum, penagihan yang dilakukan oleh pinjol legal harus sesuai dengan POJK 10/2022.

Kategori :