6 Penyebab Skor Kredit Buruk Meskipun Utang Pinjol Sudah Lunas, Cek Kontinyu Agar Tak Merugikan Anda

Senin 01-01-2024,07:10 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab skor kredit buruk, meskipun nasabah sudah melunasi pinjamannya. Ini pula yang kerap menjadi dasar penolakan dari lembaga keuangan, saat nasabah akan mengajukan pinjaman atau kredit baru.

Sekadar informasi, jika nasabah ingin mengajukan pinjaman online (pinjol) pada lembaga keuangan, penyebab skor kredit buruk ini biasanya akan menjadi rujukan paling utama. Padahal, kredit atau pinjaman nasabah sebelumnya sudah terlunasi .

Intinya semakin bagus skor kredit yang dimiliki nasabah, peluang untuk mendapatkan pinjaman baru dari lembaga keuangan akan semakin tinggi. Itulah mengapa  pengetahuan tentang penyebab skor kredit buruk saat hendak mengajukan pinjaman menjadi penting.

Sehingga tak ada salahnya apabila nasabah melakukan pemantauan kontinyu secara berkala, terhadap skor kredit yang dimilikinya. Jangan sampai  penyebab skor kredit buruk saja tidak tahu, sehingga bisa berakibat fatal di kemudian hari.

BACA JUGA: Skor Kredit Buruk Setelah Nunggak Pinjol Berapa Lama Ya? Begini Tingkatan Statusnya

Hutang pinjol sudah lunas bukan jaminan

Kendati skor kredit bisa segera dipulihkan dengan melunasi hutang-hutang di pinjol atau lembaga keuangan, namun hal itu membutuhkan proses. Ironisnya,  skor kredit bahkan tidak bisa kembali sempurna seutuhnya walaupun sudah melunasi hutang.

Karenanya di bawah ini terdapat beberapa hal yang wajib nasabah ketahui untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan kita nantinya. Sekaligus bisa juga dijadikan pemahaman tentang pentingnya kredibilitas kondisi kredit yang kita miliki.

1. Ketahui Jenis Utang Pinjaman Anda

Salah satu yang membuat skor kredit tidak dapat kembali walau sudah melunasi hutang, yakni tergantung jenis hutang pinjamannya. Ada beberapa jenis hutang yang dapat memberikan dampak pada skor kredit loh.

Utamanya jenis hutang yang lebih berisiko seperti pinjol bisa memberikan dampak jangka panjang pada riwayat kredit seseorang.

2. Riwayat Pembayaran Tagihan

Penyebab skor kredit buruk walaupun sudah melunasi pinjol, yakni riwayat pembayaran yang dilakukan sebelumnya. Apabila sebelumnya skor kredit buruk karena melewatkan tagihan hutang, maka dapat berdampak pada jangka panjang loh.

BACA JUGA: 7 Tips Pakai Pinjol untuk Gen Z agar Tidak Terjerat Hutang Banyak, Skor Kredit Pasti Aman

Pastikan kamu mengecek riwayat pembayaran utang pada platfrom yang sebelumnya kamu gunakan. Dengan ini, kamu dapat mengetahui status skor kredit yang masih buruk.

Kategori :