Jangan Ajukan Pinjol untuk 3 Tujuan Ini Jika Tidak Ingin Terlilit Hutang, Mending Pikir-Pikir Lagi

Jumat 22-12-2023,12:15 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Mulai dari membeli kebutuhan fashion atau memenuhi tren yang saat ini sedang ramai di publik. Sebab, jika perilaku konsumtif ini sudah muncul, maka akan sulit untuk dihentikan. Kondisi inilah yang kurang tepat untuk mengajukan pinjaman online.

Apalagi berbarengan dengan rasa ketergantungan menggunakan pinjaman online untuk kondisi ini. Hal ini akan berimbas pada hutang yang menumpuk karena adanya suku bunga yang kian bertambah. 

Belum lagi jika sampai gagal bayar, maka ada sejumlah biaya denda tambahan yang juga harus dibayarkan, sehingga akan makin sulit keluar dari siklus hutang pinjaman online.

3. Biaya berobat

Kondisi yang tepat untuk mengajukan pinjaman online memang saat adanya kebutuhan mendesak atau darurat.

Namun, jika digunakan untuk biaya berobat rasanya kurang tepat. Apalagi saat ini semisal Anda sedang mengalami penyakit yang serius dan harus dicek secara berkala.

BACA JUGA : Begini Modus Penipuan 17 Pinjol yang Diblokir Google, Bisa Curi Semua Data Sensitif

Biaya berobat rumah sakit tergolong tidak sedikit, terlebih jika sampai ada tindakan medis yang serius seperti operasi. Anda tidak akan pernah bisa memastikan dengan tepat berapa biaya yang akan dihabiskan untuk berobat.

Selain itu, pinjol juga tidak banyak yang menyediakan limit pinjaman dengan jumlah yang besar. Jikapun Anda, maka Anda harus memberikan jaminan maupun suku bunga yang akan dibebankan tergolong tinggi.

Kesimpulan

Tujuan ajukan pinjol jika tidak ingin terlilit hutang pastikan dengan alasan yang memang benar-benar logis, seperti memenuhi kebutuhan sangat mendesak dan darurat.

Jangan mengajukan pinjaman online di beberapa kondisi tertentu, seperti untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tujuan konsumtif, maupun biaya berobat yang tidak sedikit.

BACA JUGA : 5 Waktu yang Tepat Mengajukan Keringanan Pembayaran Utang Pinjol agar Disetujui, Galbay Wajib Nyimak

Alternatifnya, cobalah untuk meminjam dengan kerabat terdekat yang tidak memberikan bunga kepada Anda atau bunga lebih rendah jika dirasa memang sangat butuh.

Demikian alasan untuk jangan ajukan pinjol dengan 3 tujuan tertentu tadi jika tidak ingin terlilit hutang. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :