Rahasia Melunasi Utang Pinjol ala Orang Pintar, Modal Baca Ini Jutaan Rupiah Bisa Lunas Tak Bersisa

Jumat 15-12-2023,19:00 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL -  Ini dia cara melunasi utang pinjol ala orang pintar yang bisa Anda terapkan agar tagihan pinjaman bisa lunas dan tak bersisa.

Utang pinjol menjadi salah satu entitas yang ingin sekali dihilangkan. Tentu diperlukan cara yang tepat untuk melunasi utang tersebut, seperti halnya 5 cara melunasi utang pinjol ala orang pintar ini yang bisa diterapkan.

Adapun ke lima cara melunasi utang pinjol ala orang pintar ini bisa diterapkan karena keefektifannya dalam melunasi tagihan pinjaman sangatlah tinggi. Tentu ini menjadi berita baik khususnya bagi pengguna pinjol yang sudah nunggak hutangnya.

Nah tanpa berlama-lama lagi, mari langsung saja simak penjelasan lima cara melunasi utang pinjol ala orang pintar di bawah ini, untuk melunasi utang pinjaman Anda sampai tak bersisa.

BACA JUGA:Bisnis Pinjol Ilegal Sukses Peras Duit Warga RI, Ternyata Kunci Gaet Korbannya Ada Pada Celah Ini

5 Cara melunasi utang pinjol ala orang pintar

Berikut adalah lima cara untuk melunasi utang pinjol sepertihalnya yang dilakukan orang pintar saat melunasi hutang. 

1. Membuat Daftar Hutang

Untuk melunasi utang pinjol dengan efektif tentu dibutuhkan perencanaan yang matang. Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan ialah dengan membuat daftar atau rekapitulasi utang yang dimiliki.

Adapun dengan mengetahui jumlah utang secara keseluruhan, bisa membuat Anda lebih mudah untuk memprioritaskan mana utang yang harus dilunasi terlebih dahulu.

Berikut adalah cara untuk membuat rekapitulasi utang

  1. Kumpulkan dokumen-dokumen penting seperi kartu kredit, surat perjanjuan pinjaman, dan kuitansi pembelian.
  2. Mengisi tabel rekapitulasi utang yang bisa Anda buat sendiri atau menggunakan template yang banyak dijumpai di internet.

BACA JUGA:Bikin Syok, Begini Cara Penagihan Hutang DC Pinjol yang Bisa Bikin Malu Seumur Hidup

2.  Kuatkan Niat dan Tekad

Jika sudah selesai membuat daftar utang, maka langkah selanjutnya adalah untuk memperkuat niat dan tekad. Hal ini penting dilakukan kerana mengetahui total utang yang dimiliki dapat menimbulkan rasa cemas dan takut.

Maka dari itu, Anda perlu meluangkan waktu untuk menenangkan pikiran Anda sekaligus menumbuhkan niat yang kuat untuk melunasi utang yang Anda miliki.

Kategori :