Keuntungan Pakai AC Inverter, Ternyata Bukan Cuma Hemat Listrik Loh!

Kamis 14-12-2023,20:00 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Khikmah Wati

RADARTEGAL - Keuntungan pakai AC inverter menjadi sesuatu yang kerap dibahas saat ini. Terutama jika hal itu menyangkut isu lingkungan. 

Karena, banyak masyarakat yang belum paham benar dengan keuntungan pakai AC inverter yang mereka gunakan. Sehingga penggunaannya pun menjadi kurang maksimal.

Untuk itu, pemahaman mengenai keuntungan pakai AC inverter perlu juga ditingkatkan. Sehingga mereka bisa memaksimalkan penggunaan alat penyejuk ruangan tersebut. 

Lalu, apa saja keuntungan pakai AC inverter yang perlu kita ketahui ya? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

BACA JUGA:Apa itu Fitur Eco Smart pada AC Panasonic? Bikin Irit Budget dengan Konsumsi Listrik Rendah

Pastinya ada beberapa keuntungan pakai AC inverter yang berbeda dari AC non inverter. Namun, sebelum hal tersebut lebih jauh, baiknya kita memahami dulu perbedaan keduanya.

Perbedaan AC Inventer dan Non Inverter 

AC non inverter dikenal sebagai AC konvensional yang memakai kompresor dengan kecepatan tetap dan daya penuh saat AC menyala.  Sedangkan AC inverter sebaliknya memanfaatkan kompresor dikendalikan inverter yang menyesuaikan kecepatannya.

Selain menghasilkan suhu yang lebih konsisten, konsumsi energi juga menjadi lebih sedikit.  Fitur-fiturnya yang canggih juga mampu bekerja dengan lebih baik. terutama dalam hal efesiensi energi.

Efesiensi Energi

Salah satu keuntungan  pakai AC inverter yakni memberi efesiensi energi dibandingkan AC non inverter. Hal ini l antaran kompresor dengan kontrol inverter lebih efesien.

BACA JUGA:Mengenal Fitur Follow Me AC Midea Floor Standing, Sensor Suhu Terbaik Bikin Ruangan Makin Sejuk Merata

Kemudian juga konsumsi energi relatif sedikit dengan kecepatan kompresor yang dapat disesuaikan.  Pemanasan atau pendinginan dikontrol dengan pengoperasian kecepatan   rendah berdasar suhu suatu ruangan.

Proses seperti ini akan menghemat energi lebih  optimal dibandingkan dengan   penggunaan AC kecepatan tetap. AC inverter juga  mempunyai fitur  pemantauan energi secara teratur sehingga memungkinkan untuk melacak  konsumsi energi.

Tahan Lama dan Awet

Alasan wajib mencoba AC inverter penggunaannya lebih lama dan awet lantaran kinerja mesin membuat usai pakai juga lebih panjang.

Keuntungan pakai AC inverter ini juga terkait dengan kinerja mesin yang hanya beroperasi pada kecepatan tinggi  dan rendah.  Komponen mesin biasanya memiliki standar lebih tinggi dibandingkan   dengan komponen AC non inverter.

BACA JUGA:Rekomendasi AC portable Watt Kecil Terbaik, Pendingin Ruangan Pilihan Warga +62

Bergeser masalah umur AC inverter  bervariasi tergantung pada merk, model, penggunaan tetapi rata-rata berusia sekitar 10 tahun.

Proses Pendinginan Cepat dan Pertahankan Suhu Optimal

Untuk proses pendinginan, AC inverter punya kemampuan menyesuaikan dengan kecepatan yang terbilang tinggi.  Sebaliknya  saat ruangan sudah dingin, kecepatan mesin mulai berkurang sehingga mengurangi pemborosan energi.

Hanya memerlukan sedikit energi untuk mendinginkan atau  memanaskan suatu ruangan saat menggunakan AC jenis ini.

Tingkat Kebisingan Rendah

Tidak hanya  hemat  energi tetapi tingkat kebisingan lebih rendah dari AC non inverter. M asalah kebisingan teratasi dengan baik tanpa perlu tambahan fitur.

BACA JUGA:5 Merek AC Mini Portable Penyejuk Ruangan yang Hemat Listrik, Lebih Sehat Ketimbang Kipas Angin

·         Kekurangan AC Inverter

Begitu banyak keunggulan AC inverter yang memiliki fitur-fitur mumpuni, masih ada kekurangan perlu dipahami. Berikut ini di antaranya:

Biaya Isolasi Cukup Tinggi

AC inverter yang punya kemampuan efesiensi energi tergantung pada ruangan yang diisolasikan dengan baik.  Sebaliknya ruangan yang tidak punya isolasi tetap membutuhkan konsumsi daya yang tinggi.

Kelembaban Tinggi

Bukan hanya biaya isolasi  yang mahal, melainkan juga kelembaban tinggi pada ruangan apabila kapasitas AC lebih besar dibandingkan ruangan yang digunakan.  Kondisi seperti itu berdampak kinerja AC sering beroperasi dalam siklus pendek menjaga suhu ruangan sehingga tidak menghilangkan kelembaban udara dan membuat tidak nyaman.

Harga Relatif   Mahal

Kekurangan AC inverter lainnya lantaran harga relatif mahal   dibanding jenis lainnya dengan alasan desain kompresor lebih canggih.  Harga memang terbilang mahal, tetapi dilihat fitur dan desain rumit hingga biaya perawatan sebanding dengan kualitasnya.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai keuntungan pakai  AC Inverter yang harus dipahami masyarakat. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :