Jangan Langsung Bayar! Begini Cara Tepat Hadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Senin 04-12-2023,13:50 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

2) Cek surat tugas nama pemberi dan penerima

3) Minta perlihatkan sertifikasi profesi penagihan petugas 

Jika memang DC pinjol yang bersangkutan memiliki dokumen tersebut secara sah, maka selanjutnya Anda bisa melakukan cara tepat berikut ini untuk hadapi DC pinjol yang datang ke rumah.

Pertama, Anda harus tetap tenang dan sopan ketika dimintai untuk membayar hutang. Komunikasikan dengan baik dan sejujur-jujurnya terkait kondisi keuangan Anda saat ini.

Jika memang Anda merasa sulit membayar hutang, maka coba negosiasikan keringanan pembayaran kepada petugas. Bisa juga Anda menawarkan opsi pembayaran lain seperti penyitaan barang berharga.

BACA JUGA : 5 Risiko Bayar Tagihan Pinjol di Luar Aplikasi, Siap-siap Ada Biaya Tambahan!

Namun, sebelum mengajukan barang berharga, usahakan lebih dulu keringanan pembayaran seperti penurunan bunga, denda, maupun perpanjangan tenor.

Semisal praktik penagihan hutang DC pinjol diluar aturan OJK atau melanggar hukum, seperti mengancam, mengintimidasi, apalagi sampai menggunakan kekerasan, segera laporkan kepada OJK atau otoritas yang terkait.

Kesimpulan

DC lapangan pinjol legal OJK memiliki tahapan tertentu saat menagih hutang kepada nasabah galbay. Sementara itu, nasabah galbay yang didatangi DC pinjol juga harus memastikan sejumlah hal sebelum membayar hutang.

Hal terpenting yaitu identitas diri petugas debt collector terkait. Pastikan mereka memang petugas resmi dari perusahaan pinjol. Hal ini untuk menghindari modus penipuan oleh oknum nakal yang mengaku-ngaku DC pinjol.

Demikian cara tepat hadapi DC pinjol yang datang ke rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :