Jangan Langsung Bayar! Begini Cara Tepat Hadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Senin 04-12-2023,13:50 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Perlu Anda tahu cara tepat hadapi DC pinjol yang datang ke rumah untuk menagih hutang. Jangan langsung bayar atau memberikan uangnya, namun Anda harus memastikan sejumlah hal terlebih dulu.

Cara tepat hadapi DC pinjol yang datang ke rumah ini juga sebagai informasi agar Anda terhindar dari petugas bodong. Tidak jarang ada debt collector palsu yang datang ke rumah untuk mencari keuntungan sendiri.

Selengkapnya berikut cara tepat hadapi DC pinjol yang datang ke rumah. Jangan sampai Anda kena modus penipuan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Praktik penagihan hutang DC lapangan pinjol

Biasanya saat nasabah galbay alias gagal bayar cicilan lewat dari 90 hari setelah jatuh tempo, nantinya akan ada petugas debt collector pinjol yang datang ke rumah. 

BACA JUGA : Bukan Cuma Ganti Nomor, Lakukan 3 Hal Ini agar Terbebas dari Teror Pinjol Ilegal

Apalagi jika si nasabah mengajukan pinjaman pada pinjol legal OJK yang memang memiliki DC lapangan. Namun, debt collector tidak langsung datang ke rumah begitu saja.

Tahapan penagihan hutang DC pinjol pertama via media komunikasi seperti pesan teks atau telepon. Selanjutnya, mereka akan mengirimkan surat peringatan kedatangan jika si nasabah tidak responsif atau tidak kunjung membayarkan hutangnya.

Barulah selanjutnya petugas DC akan datang ke rumah menagih secara langsung hutang nasabah yang bersangkutan.

Cara tepat hadapi DC pinjol yang datang ke rumah

Saat ada debt collector yang datang ke rumah menagih hutang, Anda jangan langsung mau membayarkan begitu saja. Ada sejumlah hal yang harus dipastikan sebelum Anda memberikan uang kepada mereka.

BACA JUGA : Nasabah Tidak Perlu Bayar Pinjol Jika Datanya Disalahgunakan Orang Lain, Begini Penjelasannya

Anda yang sebagai nasabah memiliki hak untuk mengecek identitas dan sejumlah dokumen yang dibawa DC pinjol, demi memastikan bahwa mereka memang benar petugas resmi. 

Berikut ini dokumen yang harus dimiliki DC pinjol saat datang ke rumah menagih hutang.

1) Cocokan lebih dulu ID card dengan identitas DC terkait

Kategori :