5 Cara Mudah Hapus Data KTP dari Pinjol agar Aman dari Penyalahgunaan, Gak Sampai 5 Menit

Kamis 30-11-2023,15:40 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Ikuti 5 cara mudah berikut untuk hapus data KTP dari pinjol agar aman dari penyalahgunaan. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat data pada platform pinjaman online ilegal.

Cara mudah hapus data KTP dari pinjol ini tidak sampai menghabiskan waktu berjam-jam. Cukup Anda lakukan lewat smartphone Anda dalam hitungan menit.

Selengkapnya berikut 5 cara mudah hapus data KTP dari pinjol. Tahapan ini bisa diikuti juga bagi yang sudah melunasi pinjaman di platform pinjol legal.

5 cara mudah hapus data KTP dari pinjol

Data pribadi seperti KTP memang merupakan salah satu syarat wajib yang disertakan ketika akan mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA : 5 Ciri Pinjol yang Akan Bangkrut dan Ditutup OJK, Jangan Sampai Keburu Pinjam!

KTP ini juga jadi penentu apakah pinjaman kepada orang tersebut layak disetujui atau tidak, terlebih lagi jika melewati proses BI Checking. Adapun data-data yang disertakan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. 

Jika semisal Anda sudah melunasi hutang pinjaman Anda, alangkah baiknya untuk segera melakukan penghapusan data pribadi seperti KTP tersebut dari pinjol.

Hal ini bertujuan agar data pribadi Anda tidak disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab di kemudian hari. Berikut ini caranya.

1) Jangan menyalin kontak dari ponsel ke ponsel lainnya atau gadget yang lain, sebab saat pemindahan kontak tersebut ada risiko penyadapan dari pihak pinjol nakal.

2) Cara mudah hapus data KTP dari pinjol berikutnya yaitu menghapus data aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan lewat pengaturan di smartphone.

BACA JUGA : 5 Alternatif Pinjaman Uang Tanpa BI Checking Selain Pinjol, Lebih Gampang di ACC!

Anda bisa buka menu ‘Aplikasi dan Pemberitahuan’ kemudian pilih aplikasi pinjol yang bersangkutan, lalu pilih ‘Hapus data dan cache’.

3) Jika Anda sudah menghapus data tersebut, maka segera uninstall alias hapus aplikasi dari smartphone Anda. Tekan dengan lama aplikasi tersebut, kemudian pilih copot pemasangan atau hapus aplikasi.

4) Langkah penghapusan data KTP dari pinjol selanjutnya yaitu menonaktifkan seluruh media sosial Anda untuk sementara waktu. Apalagi jika Anda sudah mendapatkan teror atau pesan mencurigakan dari orang asing.

Kategori :