9 Mitra Deradikalisasi Ikrar NKRI Dan Sukseskan Pemilu 2024

Sabtu 04-11-2023,22:20 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Dedi Sulastro

RADAR TEGAL - Sebanyak sembilan mitra deradikalisasi di Kabupaten Brebes ikrar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan siap mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Ikrar tersebut dilakukan di Embung Podomoro Brebes, Kecamatan Larangan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes M. Sodiq membenarkan kalau ada sembilan mitra deradikalisasi yang ikrar NKRI dan Pemilu 2024 damai.  "Alhamdulillah, Jumat 3 November 2023 kemarin ada 9 eks napiter yang ikrar NKRI dan siap sukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai," ujarnya.

Dalam ikrar itu, asa beberapa point yang dibacakan oleh mitra deradikalisasi. Diantaranya, melepaskan baiat mereka dari amir atau pimpinan kelompok atau jaringan radikalisme dan terorisme yang bertentangan dengan NKRI 

Kemudian, mengakui bahwa NKRI adalah Negara yang sah dan bahwa Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi Warga Negara Indonesia.

BACA JUGA:2.600 Kotak Suara Pemilu 2024 Berbahan Karton Duplex Kedap Air Diterima KPU Kota Tegal

Mereka, kata Sodiq, juga mengikrarkan siap melindungi segenap tanah air Indonesia serta meninggalkan dan menjauhi segala bentuk paham atau organisasi yang mendukung faham terorisme ekstremisme berbasis kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia. Berbakti dan mengabdi kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga kerendahan hati, berbudi pekerti luhur, toleransi, anti kekerasan, peduli terhadap sesama serta akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.

Memegang teguh Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD 1945, dan mentaati aturan hukum serta perundang-undangan yang berlaku. Menyesali kesalahan yang telah kami lakukan dan tidak akan mengulangi tindakan yang mengarah atau mendukung aksi terorisme atau ekstremisme berbasis kekerasan serta tidak akan bergabung dengan kelompok teroris lainnya yang terlibat dan menyetujui aksi terorisme dimanapun di dunia ini.

"Dan juga bersedia mengikuti program pembinaan dan deradikalisasi serta pemberdayaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun instansi lainnya," pungkasnya.

Sedangkan untuk pemilu damai, mereka juga berikrar siap mendukung serta mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 dan siap datang ke TPS untuk meyalurkan hak pilih. Dan turut serta menjaga keamanan, dan ketertiban dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 demi terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang sejahtera, adil dan bermartabat. H adir dalam ikrar itu Tim Densus 88, anggota Kepolisian.(*)

Kategori :