RADAR TEGAL - CVT atau Continuously Variable Transmission adalah jenis transmisi otomatis yang menjadi tulang punggung sepeda motor matic. CVT beroperasi dengan mengubah rasio gigi secara konstan, menghilangkan untuk mengganti gigi secara manual.
Meskipun CVT menawarkan kenyamanan berkendara, terkadang pengendara sepeda motor matic menghadapi masalah getaran yang mengganggu.
Dalam artikel ini, Radar Tegal akan membahas penyebab getaran CVT dan memberikan sejumlah tips penting untuk mencegahnya.
Mengapa CVT sepeda motor matic bergetar?
Getaran pada CVT bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik sepeda motor matic. Beberapa penyebab utama getaran CVT meliputi:
BACA JUGA:7 Tips Merawat Motor Matic Honda ,Dijamin Awet dan Siap Menemani Kerasnya Perjanan Hidup
1. Kampas ganda aus
Kampas ganda pada CVT adalah komponen penting yang menghubungkan CVT dengan mesin. Jika kampas ganda aus, hal ini bisa menyebabkan getaran pada CVT. Penting untuk memeriksa kampas ganda secara berkala dan menggantinya jika ditemukan tanda-tanda keausan.
2. Per Kampas ganda lemah
Per kampas ganda yang lemah juga dapat menyebabkan getaran pada CVT. Pastikan per kampas ganda dalam kondisi yang baik dan memiliki tekanan yang sesuai.
3. Karet damper kampas ganda getas
Karet damper kampas ganda yang getas atau rusak dapat mengakibatkan getaran yang tidak diinginkan pada CVT. Periksa keadaan karet damper secara rutin dan gantilah jika diperlukan.
4. V-Belt aus
V-Belt adalah bagian penting dari CVT yang digunakan untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. Jika V-Belt aus, hal ini bisa menyebabkan getaran yang cukup mengganggu. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti V-Belt sesuai dengan jadwal perawatan yang disarankan.
BACA JUGA:Anti Kropos! Spesifikasi Yamaha Nouvo, Motor Matic Pertama Incaran para Kolektor