Penting Untuk Menanyakan Hal ini Pada DC! Catat poin - poin nya!

Rabu 04-10-2023,06:15 WIB
Reporter : Lawrentia Agfa
Editor : Lawrentia Agfa

RADAR TEGAL -  Kedatangan debt collector atau DC mungkin bukan suatu hal yang menyenangkan. Alih - alih membuat pikiran tenang malah menambah beban pikiran.

DC memang ditugaskan oleh platform pinjol terkait untuk menagih perihal pinjaman yang tak kunjung dibayarkan. Jangan salahkan DC mendatangi rumah Anda, jika pada kenyataannya kalian sendiri tidak membayarkan cicilan tersebut.

BACA JUGA: Tidak Ada DC? Ini Alasan Pinjol Singa jadi Pilihan Terbaik Nasabah Galbay

Jika memang tidak bisa membayar, usahakan selalu mengkomunikasikannya pada platform tempat kalian meminjam. Karena pada dasarnya, dalam aturan OJK hal tersebut dsangat diperbolehkan.

Apalagi dalam aturan, nasabah ini juga boleh mengajukan keringanan. Oleh karenanya sangat penting transparansi antara kedua belah pihak agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik.

Atau jika kalian tidak ingin debt collector datang ke rumah, biasakan untuk membayar cicilan tepat waktu. Jangan selalu menunda dan membiarkan hutang - hutang kalian menumpuk, karena potensi DC datang sangat lah besar.

Mungkin ada DC yang menanyakan dengan baik, tapi perlu diketahui diluar sana masih banyak DC yang suka meneror. Salah satu tujuannya apalagi kalo bukan mereka menginginkan kalian segera melunasi hutang - hutang yang dimiliki.

Jikalau saat ini Anda merasa alami galbay dan akan didatangi debt collector, tidak usah terlalu panik. Terlebih dahlu, kalian penting untuk menanyakan hal ini pada DC!

Di bawah ini RADAR TEGAL akan memberikan poin - poin apa saja yang harus kalian ketahui, simak terus ya!

 

1. Tanyakan keresmiannya

Pertama - tama kalian punya hak untuk mengetahi keresmian debt collector yang datang kerumah Anda. Hal ini untuk memastikan apakah benar DC tersebut orang suruhan pinjol terkait atau bukan.

Jangan takut untuk menanyakan identitas mereka. Karena kalian juga penting punya rasa was - was, diakibatkan banyaknya penipuan yang terjadi saat ini.

2. Tanyakan surat penagihan

Kedua, kalian sangat perlu untuk menanyakan perihal surat penagihan dari cicilan mu yang telah menunggak. Karena pada dasarnya jika debt collector resmi pasti bisa menunjukkan surat yang diberikan dari platform pinjol terkait.

Kategori :