Asuransi Kendaraan yang Tepat untuk Mobil Pertamamu, Jangan Salah Pilih ya Ini 10 Pertimbangannya

Minggu 24-09-2023,19:47 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Kebijakan perusahaan mengenai usia kendaraan yang dapat diasuransikan berbeda-beda. Sebaiknya cari tahu lebih lanjut agar tidak salah membeli produk.

7. Minta Ilustrasi Perlindungannya

Ilustrasi perlu diminta sebelum membeli asuransi mobil. Dari ilustrasi ini, kamu bisa melihat manfaat yang dicover, pengecualian, dan premi asuransi. Ilustrasi ini pula yang dapat digunakan sebagai pembanding antar produk asuransi dari perusahaan berbeda.

Ilustrasi dapat diminta kepada agen atau customer service dengan menyebutkan manfaat yang ingin didapatkan. Apakah kamu harus membeli produk asuransi setelah dibuatkan ilustrasi?

Tentu tidak, karena ilustrasinya masih disimpan di dalam draft dan belum dikirimkan ke perusahaan asuransi kendaraan untuk pengecekan. 

8. Pilih Produk yang Paling Tepat

Jangan cepat-cepat mengambil keputusan, karena penting untuk menemukan produk asuransi terbaik dan paling tepat bagi kendaraan. Beberapa asuransi mungkin akan terlihat sama.

Namun setelah mencari berbagai informasi secara detail maka bisa menentukan pilihan dan menemukan satu produk yang paling tepat.

9. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Besaran premi tentu akan mempengaruhi manfaat dan juga perlindungan yang akan didapatkan nantinya. Kamu tentu ingin menggunakan layanan asuransi terbaik, dengan premi terbaik, dan juga perlindungan terbaik bukan?

Namun di luar semua keinginan tersebut, sangat penting untuk mempertimbangkan kemampuan keuangan yang dimiliki.  Jangan memaksakan diri untuk mengambil sejumlah premi asuransi kendaraan yang terbilang besar, namun berada di luar jangkauan keuangan.

Hal seperti ini hanya akan membuat keuangan terganggu dan menimbulkan sejumlah masalah dalam pos pengeluaran.

10. Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

Jika akan membeli produk asuransi ketika sedang mengajukan kepemilikan mobil, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer. Biasanya pihak dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang menurut mereka cukup bagus dan bisa dipercaya.

Namun rekomendasi dari dealer bukanlah harga mati yang harus diikuti, kamu tetap bisa mencari dan menemukan sendiri perusahaan asuransi yang menurutmu paling baik dan tepat untuk kendaraan.

Demikian informasi tentang 10 cara memilih asuransi kendaraan yang tepat, untuk mobil pertama Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :