Blokir Nomor Debt Collector Menjadi Solusi Hadapi Galbay? Simak Solusinya!

Selasa 19-09-2023,21:56 WIB
Reporter : Sri Eka Cesaria Putri
Editor : Sri Eka Cesaria Putri

RADAR TEGAL - Apakah Anda salah seorang yang terlilit pinjol dan gagal bayar atau galbay? Anda tidak perlu khawatir ataupun blokir nomor debt collector. Meskipun ancamannya sangat mengganggu, Anda harus tenang menghadapinya.

Memahami dan mempertahankan hak-hak sebagai nasabah penting untuk Anda lakukan. Hal ini disebabkan oleh keadaan yang nantinya akan Anda hadapi seperti galbay.

Biasanya para debt collector akan memaksa Anda untuk membayar hutang berikut dengan bunganya yang semakin hari semakin bertambah. Mereka cenderung tidak peduli bagaimana keadaan keuangan Anda.

Apakah blokir nomor debt collector menjadi solusi hadapi galbay?

Anda mungkin dapat memblokir nomor telepon yang digunakan oleh debt collector pinjol untuk menghubungi Anda. Namun demikian, hal tersebut tidak menyelesaikan masalah secara permanen karena mereka dapat menggunakan nomor yang berbeda bahkan melalui media social atau email.

Selain itu, memblokir nomor telepon dari debt collector juga akan mempersulit proses penyelesaian hutang yang Anda miliki. Sebaiknya Anda tetap melakukan komunikasi dengan debt collector atau pihak pinjol untuk mencari jalan keluar terbaik.

Jalan alternatifnya, Anda dapat meminta debt collector untuk menghubungi Anda melalui akun resmi seperti email ataupun surat resmi. Hal ini yang akan memberikan bukti tertulis mengenai komunikasi yang terjadi antara Anda dan debt collector.

Cara menghadapi debt collector pinjol

Melansir lama kompas.com, jika Anda mendapatkan terror ataupun ancaman dari debt collector tidak perlu panic dan harus tenang. Pertama-tama, Anda bias meminta kartu sertifikasi profesi penagih hutang atau debt collector. 

Selanjutnya, Anda dapat menjelaskan alasan keterlambatan dalam pembayaran tagihan pinjaman dengan baik. Jangan mencoba menghilang ataupun menghindari masalah hutang Anda pada pinjol.

Di sisi lain, sebagian masyarakat mengaku pernah mendapatkan terror oleh debt collector padahal tidak pernah melakukan pinjaman dana dari pinjol. Biasanya, modus ini dilakukan oleh perusahaan pinjol illegal.

Cara mengatasi teror dari debt collector

Jika Anda tidak merasa meminjam uang dari pinjol illegal tetapi mendapatkan terror maka ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan diantaranya:

  • Menanyakan identitas debt collector dan menanyakan dari siapa perintah penagihan diberikan
  • Anda bias mengabaikan terror debt collector apabila merasa tidak pernah meminjam pada pinjaman online
  • Jangan pernah membalas SMS ataupun whatsapp dari peneror
  • Jika meresahkan, keterlaluan dan berlarut-larut maka segera laporkan ke polisi atas gangguan terror tersebut

Demikianlah penjelasan mengenai apakah blokir nomor debt collector menjadi solusi hadapi galbay ternyata bukan menjadi solusi. Kuncinya jangan menghindari dan hadapi lalu jelaskan alasan Anda dan meminta keringanan waktu.

BACA JUGA:Ancaman Terus Memburu? Simak 5 Cara Hadapi Debt Collector Pinjol yang Sering Meneror

Kategori :