RADAR TEGAL - Bebek retro Honda C70 menjadi salah satu motor jadul yang masih eksis di pasaran. Terkenal dengan nama motor pitung ini, C70 masih memiliki banyak peminat.
Kesan bebek retro Honda C70 yang membawa kembali ke tahun 70an. Membuat pengendaranya seolah bernostalgia ke era tersebut.
Bebek retro C70 menjadi ikonik yang legendaris untuk motor klasik. Diperkenalkan tahun 1979, motor ini memiliki makna tersendiri di hati pengendara dengan desain uniknya.
Meski sudah berhenti produksi pada tahun 1986, sampai sekarang motor ini masih menjadi perbincangan bagi pecinta otomotif.
Tampilan ikonik klasik dari Honda C70 menjadikan motor ini memiliki ciri khas sepeda motor tahun 70-an yang sangat menarik. Tidak sedikit juga yang memodifikasi motor ini menjadi sedemikian rupa.
Nah yuk bernostalgia dengan mengenal spesifikasi apa saja yang dimiliki oleh "Si Pitung" ini. Simak selengkapnya pada artikel ini.
Kenyamanan dan Keamanan
Perihal kenyamanan, motor ini sudah menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi dalam kelasnya pada tahun 70an. Memiliki posisi duduk yang tegak serta jok motor yang lebar membuat Honda C70 memberikan pengalaman berkendara yang nyaman walaupun menempuh jarak yang cukup jauh.
Selain itu motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi swing arm dan double shock breaker sehingga dapat meredam getaran dengan sempurna.
Perihal keamanan, Honda C70 80% terbuat dari bahan besi, sehingga tidak heran memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan motor dengan body plastik.
Selain itu untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan rem tromol yang memiliki daya cengkram yang cukup tangguh.
BACA JUGA:Masalah Mobil Daihatsu Terios yang Sering Disepelekan, Padahal Bisa Fatal Loh
Performa Mesin
Walaupun memiliki ukuran yang cukup compact, Honda C70 memiliki performa yang tangguh. Motor ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 72cc dengan tipes mesin 4-langkah, OHC dengan sistem pendingin udara.
Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 4,5kW pada 9000rpm dan torsi maksimum 5,2Nm pada 7000 rpm. Mesin Honda C70 menunjukkan ketangguhannya karena dapat menggunakan rasio kompresi mesin sebesar 8.8 banding 1.
Selain itu motor ini juga memiliki ukuran diameter bore dan stroke sebesar 47 mm x 41,4 mm. Honda C70 juga dilengkapi dengan sistem kopling sentrifugal basah, multiple, semi-otomatis yang memudahkan pengendara dalam mengoperasikan gigi rasio pada sepeda motor ini.
Desain dan Dimensi
Honda C70 memiliki desain yang khas dan ikonik sehingga masih dikenal hingga saat ini. Dengan bentukan bodi yang klasik, lampu bulat serta jok yang memiliki desain khusus, membuat Honda C70 memancarkan cerita nostalgia tahun 70an.