Hati - Hati Bro! Komponen Honda Jazz Ini Harus Diteliti Dulu Sebelum Membeli

Kamis 07-09-2023,23:16 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Muninggar Setiyo Rini

RADAR TEGAL - Honda Jazz merupakan mobil yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Naun sebelum membeli, ada baiknya anda cek kompenen Honda Jazz ini terlebih dahulu.

Komponen Honda Jazz yang ini harus anda perhatikan sebelum membeli. Sehingga saat anda akan membeli mobil khususnya bekas, anda tidak akan mengeluarkan uang banyak untuk reparasinya.

Mobil yang sudah eksis selama 17 tersebut menjadi  salah satu hatchback idola di Indonesia hingga kini. Meski tak lagi dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) kerap menjadi sorotan.

Selain keunggulan seperti mesinnya yang berperforma tinggi. Namun tak dapat dipungkiri masih banyak penyakit dari mobil hatback tersebut.

Honda Jazz masuk secara resmi ke Indonesia pada 2004.  Fitur unggulan di mobil ini adalah ultra seat. Jok belakang bisa dilipat sedemikian rupa sehingga dapat memberikan ruang bagasi yang sangat besar.

Varian yang ditawarkan antara lain bermesin L15A SOHC 8 valve dengan teknologi i-DSI dan SOHC 16 valve VTEC. Fitur Honda Jazz ini tergolong lengkap, seperti power window, electronic power steering dan electric mirror.

BACA JUGA:Cocok untuk Keluarga, Suzuki Karimun Wagon R Super Irit dan Super Gesit

Penyakit Komponen Honda Jazz

Masalah yang jamak terjadi pada hatchback sejuta umat di Indonesia ini berasal dari transmisi CVT. Indikasi kerusakan yang muncul biasanya adanya getaran yang berlebih saat mobil mulai berjalan.

Penyakit mendasar di Honda Jazz ini adalah tenaga yang kurang di varian i-DSI. Selain itu, penyakit yang cukup sering menghampiri yaitu soal transmisi CVT pada generasi awal yang rentan rusak dan brebet dari bagian valve body.

Penyakit lainnya yang juga sering menghampiri Honda Jazz dengan jam terbang tinggi yaitu valve body kotor. Wajar saja, mobil dengan jarak tempuh yang tinggi biasanya terdapat kotoran atau debu yang mengendap. Gejala yang biasanya dijumpai mesin bergetar saat suhunya panas.

Kondisi brebet juga terjadi saat kondisi macet karena beban kerja mesin yang cukup berat. Tarikan tersendat antara 1.500-3.000 RPM. Saat berakselerasi tampak jarum RPM naik turun tidak stabil.

Mesin butuh pasokan udara besar untuk menghasilkan torsi di putaran rendah. Untuk persoalan mesin yang bergetar ini solusinya juga cukup mudah.

Anda hanya perlu membersihkan throttle body dan harus teliti, jangan sampai meninggalkan kotoran sama sekali di celah-celah sempit. Bila terlanjur rusak, harga komponen ini cukup mahal karena satu set dengan throttle body.

Adapun penyebab mampetnya throttle body ini salah satunya karena mencuci bagian mesin. Semburan air menyusup di celah sempit dan mengendap pada valve body. Kondisi serupa terjadi pada Honda City i-DSI yang mesinnya serupa dengan Jazz.

Gejala lainnya, mobil kadang ‘ndut-ndutan’ saat melewati jalan menanjak. Hal ini bila telah dideteksi sejak awal, masih bisa diatasi.

Kategori :