10 Gunung Suci di Dunia, Salah Satunya Diyakini Sebagai Tempat Diturunkannya Nabi Adam AS ke Bumi

Rabu 23-08-2023,07:34 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

3. Gunung Uluru, Australia

Sementara itu dari Australia, terdapat Gunung Uluru yang banyak disebut juga sebagai Ayers Rock. Uluru adalah sebuah batu raksasa yang terletak di Northern Territory, Australia, sebagai monolit setinggi 348 meter dari permukaan di sekitarnya.

Monolit ini membuatnya 24 meter lebih tinggi dari menara Eiffel yang berada di Paris.  Uluru adalah salah satu situs suci bagi orang Aborigin Pitjantjatjara, yang ditemukan penjelajah bernama Ernest Giles pada 1872, dan kali pertama dikunjungi orang Eropa pada tahun berikutnya.

Batu dan taman di sekitarnya telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987. UNESCO memberi taman itu gelar Warisan Dunia kedua pada 1994 karena signifikansi budayanya.

4. Adam’s Peak, Sri Lanka

Gunung Adam’s Peak adalah gunung besar yang berbentuk kerucut setinggi 2.243 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di puncak salah satu gunung suci di dunia ini, terdapat jejak kaki suci yang dihormati semua agama di Sri Lanka.

Jejak kaki besar itu diyakini sebagai Buddha, Sri Rama dalam mitologi Hindu, dan Nabi Adam dalam agama Kristen maupun Islam.  Selain menjadi tempat wisata yang suci, Adam’s Peak juga sering didatangi para wisatawan untuk trekking karena memiliki keindahan yang tak tertandingi.

5. Gunung Ararat, Perbatasan Armenia dan Turki

Ararat adalah salah satu gunung vulkanik di perbatasan Armenia dan Turki, yang terkenal ekstrem. Gunung Ararat memiliki ketinggian 5.165 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan menjadi salah satu puncak tertinggi di Turki.

Ararat mempunyai dua puncak, yaitu Ararat besar dan kecil. Perbedaannya jika Ararat besar dan tidak memiliki pohon, sedangkan Ararat kecil terdapat beberapa kebun birch. Meskipun lapisan salju di Gunung Ararat sangat melimpah, namun daerah Ararat selalu mengalami kelangkaan air.

Sebagai gunung suci di dunia, Ararat secara tradisional dikaitkan dengan gunung tempat Bahtera Nuh beristirahat saat serangan air bah.  Nama Ararat sendiri seperti yang ada di dalam Alkitab, adalah padanan bahasa Ibrani dari Urardhu, atau Urartu yaitu Assyro-Babylonian.

Assyro-Babylonian dulunya adalah sebuah kerajaan di Aras dan sungai Upper Tigris pada abad ke-9 hingga ke-7 SM.  Ararat dianggap suci oleh orang Armenia karena percaya mereka adalah ras manusia pertama yang muncul di dunia setelah air bah.

6. Gunung Agung, Indonesia

Indonesia adalah negara dengan banyak gunung keramat, tak terkecuali Gunung Agung di Bali. Gunung ini disakralkan oleh umat Hindu di Indonesia.  Di kaki Gunung Agung terdapat Pura Besakih yang merupakan pura tersuci dan terbesar di Bali.

Pada beberapa perayaan Hindu, umat Hindu sering mendaki Gunung Agung hingga ke puncaknya yang berada di ketinggian 3.142 mdpl.

7. Gunung Olympus, Yunani

Kategori :