Kebakaran Hanguskan 52 Kapal di Pelabuhan Jongor Kota Tegal

Selasa 15-08-2023,07:48 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Asap tebal masih terlihat dari kawasan Pelanuhan Perikanan Pantai (PPP) Jongor Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, Selasa 15 Agustus 2023. Itu, menyusul kebakaran yang menimpa puluhan kapal yang terparkir di kolam penampungan sejak Senin 14 Agustus 2023 malam tadi.

Data dari Polres Tegal Kota menyebutkan kebakaran hebat bermula dari terbakarnya kapal Kurnia Jaya sekitar pukul 18.30 WIB. Kencangnya tiupan angin membuat api cepat membesar hingga merembet ke kapal-kapal lainnya yang lokasinya berhimpitan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi menyebut posisi kapal yang terbakar itu letaknya saling berdekatan. Sehingga kobaran api dengan cepat menyambar kapal-kapal yang lain.

"Kondisi angin juga kencang, sehingga api cepat merambat ke kapal lainnya,"katanya.

Untuk menangani kebakaran, kata Kapolres, puluhan unit pemadam dari Kota dan Kabupaten Tegal serta Brebes diterjunkan. Bahkan, Mobil Water Cannon Polres turut memadamkan api dan melokalisir kapal-kapal yang terbakar.

"Petugas gabungan berupaya dengan membuka alur kapal untuk keluar. Agar satu persatu kapal bisa bergeser menjauh dari titik lokasi kebakaran,"ujarnya.

Kapolres mengungkapkan, dari hasil pendataan petugas pada lokasi kejadian, setidaknya ada sekitar 52 kapal yang ikut terbakar. Sementara untuk besaran kerugian belum bisa disebutkan namun dari taksiran bisa mencapai miliaran rupiah. 

"Penyebab terjadinya kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan petugas,"tandasnya.

Kapolres menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pihaknya juga mengimbau agar pemilik kapal menyiagakan ABKnya di lokasi kejadian.

"Itu, bertujuan agar mereka berjaga saat kapal bersandar. Sehingga bisa sigap dalam melakukan tindakan ketika terjadi kebakaran,"tandasnya. ***

Kategori :