Cara Mengecek Penerima Bantuan PKH dan BPNT, Siapa Tau Anda Salah Satunya

Senin 14-08-2023,09:10 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Dedi Sulastro

RADAR TEGAL - Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bakal kembali cair. Bansos tersebut sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak ekonominya.

Bagi Anda yang ingin mengecek, apakah masuk dalam kriteria penerimaan Bansos PKH dan BPNS, silahkan baca artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas panduan yang sederhana dan praktis dalam mengecek penerima Bansos PKH dan BPNT.

Bansos PKH tidak lain program pemeirntah dalam mengurangi kemiskinan di Indonesia. Melalui PKH, keluarga penerima manfaat (KPM) yang termasuk dalam kategori tertentu akan menerima bantuan finansial. Berikut ini adalah besaran bantuan yang akan diterima oleh setiap kategori:

1. Ibu Hamil akan menerima Rp750.000 per tahap.

2. Balita akan menerima Rp750.000 per tahap.

3. Lansia akan menerima Rp600.000 per tahap.

4. Penyandang Disabilitas akan menerima Rp600.000 per tahap.

5. Siswa SD akan menerima Rp225.000 per tahap.

6. Siswa SMP akan menerima Rp370.000 per tahap.

7. Siswa SMA akan menerima Rp500.000 per tahap.

Sedangkan untuk mengecek status penerimaan Bansos PKH, Anda bisa mengikuti langkah sebagai berikut.

Yang pertama, Anda bisa msuk ke situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Kemudian, mengisi alamat dan nama lengkap sesuai KTP dengan benar.

Setelah itu, .asukkan kode captcha yang muncul. Selanjutnya, Klik tombol “Cari Data.” Setelah beberapa saat, informasi mengenai penerimaan Bansos PKH Tahap 4 tahun 2023 akan muncul.

Selain Bansos PKH, pemerintah juga memebrikan BPNT bagi kelompok penerima manfaat. Pada 2023 lalu, penyaluran BPNT dilakukan setiap dua bulan melalui bank Himbara dan Kantor Pos. Setiap penerima BLT BPNT akan menerima Rp400.000 setiap dua bulan.

Untuk mengetahui apakah Anda masuk ke dalam peneirma bantuan tersebut, Anda dapat melakukn dengan cara berikut untuk mengetahuinya.

Kategori :