3 Mitos Terkenal di Gunung Sindoro, Konon Katanya Gunung ini Menjadi Tempat Bersemayam Mahkluk Astral

Minggu 13-08-2023,19:11 WIB
Reporter : Devan Aditya Pratama
Editor : Devan Aditya Pratama

RADAR TEGAL -  Gunung Sindoro adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah.

Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro juga telah mengalami beberapa kali erupsi, yang terakhir pada tahun 2006 lalu.

Selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Sindoro juga dikenal dengan mitos-mitos yang mengerikan. Berikut adalah 3 mitos mengerikan yang ada di Gunung Sindoro:

 

1. Gunung Sindoro adalah rumah para bidadari

Mitos yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Konon, Gunung Sindoro adalah rumah bagi para bidadari yang cantik jelita.

Bidadari-bidadari ini akan turun ke gunung pada malam hari untuk mandi di Danau Sindoro. Jika ada pendaki yang melihat para bidadari ini, maka mereka akan mendapatkan keberuntungan.

 

2. Gunung Sindoro adalah tempat bersemayamnya para dewa

Mitos yang satu ini juga sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Konon, Gunung Sindoro adalah tempat bersemayamnya para dewa.

Para dewa ini akan turun ke gunung untuk beristirahat dan bersenang-senang. Jika ada pendaki yang mengganggu para dewa ini, maka mereka akan mendapatkan musibah.

 

3. Gunung Sindoro adalah tempat bersemayamnya makhluk halus

Mitos yang satu ini mungkin yang paling mengerikan dari ketiga mitos yang ada di Gunung Sindoro. Konon, Gunung Sindoro adalah tempat bersemayamnya berbagai macam makhluk halus, seperti kuntilanak, pocong, dan genderuwo. Makhluk-makhluk ini akan mengganggu pendaki yang tidak berhati-hati.

BACA JUGA: 3 Mitos yang Terkenal di Sekitaran Kota Boyolali, Ada Patung Andesit Berbentuk Sapi yang Magis

Meskipun banyak mitos yang mengerikan tentang Gunung Sindoro, namun banyak juga orang yang tetap tertarik untuk mendaki gunung ini. Gunung Sindoro adalah gunung yang sangat indah dan menantang. Pendakian ke Gunung Sindoro akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pendaki.

Namun, bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Sindoro, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, para pendaki harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap bahaya yang ada di gunung. Kedua, para pendaki harus selalu menjaga kebersihan gunung. Ketiga, para pendaki harus menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

Dengan mengikuti beberapa tips ini, para pendaki akan dapat menikmati keindahan Gunung Sindoro tanpa perlu takut terhadap mitos-mitos yang mengerikan.***

Kategori :