4 Mitos yang Mewarnai Seputar Masa Kecil, Nomer 2 Banyak Benernya

Minggu 13-08-2023,18:47 WIB
Reporter : Lawrentia Agfa
Editor : Lawrentia Agfa

RADAR TEGAL -  Sering kali kita saat kecil dipengaruhi oleh omongan orang tua yang berlatarbelakang mitos. Walaupun belum tentu ada benarnya, tapi cobalah untuk mengambil hikmah di balik mitos tersbeut.

Sebenarnya ada mitos ini juga memiliki makna baik, yang mana orang tua menginginkan anak nya agar tidak berprilaku buruk. Walaupun saat kita beranjak dewasa, perihal mitos tadi mulai ditinggalkan.

Tapi setidaknya pasti mengingat mitos - mitos tersebut membuat kita ketawa geli.

Lalu apa saja sih mitos yang mewarnai seputar masa kecil kita tersebut? yuk simak terus artikel dari  RADAR TEGAL di bawah ini karena kami akan membahasnya untuk Anda.

BACA JUGA: Mitos Menarik Rawa Pening Semarang, Terdapat Manusia Naga?

Mitos saat kecil yang banyak dipercayai kebenarannya

1. Tidak boleh menyisakan makanan

Pertama, sering kali kita waktu kecil saat disuapi orang tua diminta untuk menghabiskan makanan. Kurang lebih kalimatnya seperti berikut "ayo dihabisin makanannya, nanti kasian ayamnya mati".

Kalau dipikir - pikir tidak ada hubungannya bukan dengan kita tidak menghabiskan makanan dan ayam akan mati. Tapi entah kenapa dulu kita percaya - percaya aja hahaha.

BACA JUGA: Misteri Hello Kitty, Karakter Kucing Lucu Kesukaan Anak Kecil Ternyata Miliki Masa Lalu Kelam dan Pemuja Iblis

2. Menahan BAB dengan menggenggam batu

Kedua, ada mitos yang dikatakan orang tua saat anaknya ingin buang air besar atau BAB. Orang tua memberitahukan agar menyimpan atau menggenggam batu di tangannya.

Hal tersebut tapi dilakukan saat kondisi darurat atau sedang dalam perjalanan yang tidak ditemukan toilet. Walaupun terdengar lucu, namun rupanya mitos ini terbukti ampuh loh bahkan bukan anak kecil saja.

Banyak yang merasakan setelah menggenggam batu, hasrat BAB nya jadi tertunda.

3. Tidak boleh tidur setelah makan

Ketiga, ada mitos yang orang tua sering katakan semasa kita kecil seperti "abis makan ga boleh tidur, nanti jadi ular loh!". Sama seperti mitos habis menghabiskan makanan tadi, mitos satu ini juga terdengar lucu dan lawak.

Pasalnya bagaimana bisa hanya dengan tidur setelah makan bisa jadi ular. Kendati demikian ada hikmah dibalik mitos tersebut.

Tidur setelah makan bukan menjadi ular, melainkan tidak dianjurkan untuk kesehatan.

BACA JUGA: Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

4. Tidak diperkenankan duduk di atas bantal

Terakhir, ada mitos yang mengatakan tidak diperbolehkannya untuk duduk di atas bantal. Banyak yang bilang kalau duduk di atas bantal bisa menyebabkan bisulan.

Kembali lagi, mitos satu ini tidak berhubungan sama sekali. Namun hikmah dari mitos yang dikatakan orang tua untuk anaknya ini memiliki makna bahwa duduk di atas bantal memang tidak boleh.

Pasalnya bantal merupakan tempat menaruh kepala untuk beristirahat. Sehingga tidak pantas untuk kita duduki.

Nah itu dia tadi mitos yang mewarnai seputar masa kecil. Kalian dulu sering dengar mitos yang mana dari orang tua?

BACA JUGA: Indah dan Menakjubkan! Ternyata Ini 3 Mitos Telaga Sarangan, Tidak Boleh Bermesraan di Area Danau?

 

Kategori :