7 Tanda Belum Memiliki Ikatan Emosi dengan Diri Sendiri

Jumat 11-08-2023,05:00 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

5. Tidak mampu mengendalikan kemarahan

Kemarahan yang tidak terkendali bisa merugikan diri. Kamu melakukan tindakan anarkis sehingga menimbulkan kerugian. Jika yang terjadi kerugian dalam jangka pendek tidak masalah. Tapi kerugian yang ditimbulkan dari kemarahan bertahan dalam jangka panjang.

Ketika belum mampu mengendalikan kemarahan, alangkah baiknya sedikit waspada. Inilah tanda kamu belum memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri. Kemarahan membuat dirimu tidak bisa berpikir panjang. Setiap perbuatan dilakukan atas dasar emosi sesaat, tanpa mempertimbangkan risikonya.

6. Sering larut dalam keterpurukan

Kita tidak hanya dituntut memahami kondisi emosi orang lain. Tetapi memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri juga tidak kalah penting. Bisa dikatakan, kedekatan emosi dengan diri sendiri adalah kunci utama kebahagiaan. Tapi bagaimana cara kita mengetahui apakah sudah memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri?

Salah satunya dari keterpurukan. Seseorang yang belum dekat dengan diri sendiri gampang sekali terpuruk. Ia tidak tahu cara menata emosi agar bisa menerima keadaan. Ketika mengetahui suatu hal tidak berjalan sesuai kehendak, kesedihan mengambil alih tanpa bisa dikendalikan.

7. Membiarkan kondisi emosi dikendalikan oleh orang lain

Pernahkah kamu dikuasai rasa marah dan kekecewaan akibat ucapan orang lain? Contohnya saat ditertawakan dari segi kekurangan. Bisa juga saat seseorang mengkritik dengan kalimat pedas dan menyakitkan. Tanpa disadari, kondisi emosimu sudah dikendalikan oleh orang lain.

Hal ini jadi tanda kamu belum memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri. Tanpa sadar sudah membiarkan kestabilan emosi disetir orang lain. Sebagai sosok yang bijak, harusnya kamu bisa membentengi diri dari hal tersebut. Membiarkan kestabilan mental disetir orang lain, hidupmu akan kacau.

Ikatan emosi bukan hanya tentang dirimu yang memahami orang lain. Tapi juga harus memiliki ikatan emosi dengan diri sendiri. Jangan sampai hati dan pikiran berjalan tidak sinkron. Sekarang, saatnya melihat pengelolaan emosi dalam diri. Jika tujuh tanda di atas kamu rasakan, artinya masih belum memiliki kedekatan emosi dengan diri sendiri.

Itulah beberapa tanda kamu belum mempunya ikatan emosi dengan diri sendiri. Semoga bermanfaat.***

Kategori :