5 Fakta Menarik Pohon Baobab, Pohon Terkutuk Kaya Akan Manfaat yang Telah Hidup Sejak era Dinosaurus

Jumat 04-08-2023,22:17 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Mengulas seputar 5 fakta menarik dari pohon Baobab, pohon terkutuk dengan banyak manfaat yang dipercaya telah hidup sejak era Dinosaurus.

Pohon Baobab merupakan pohon kehidupan yang sudah ada sejak 200 Juta tahun yang lalu dan pernah hidup berdampingan dengan Dinasaurus.

Uniknya terdapat kandungan air dalam batang pohon Baobab yang mampu menampung air sejumlah 4.500 L. Maka dari itu hewan-hewan seperti gajah sering mengunyah batang dari pohon ini untuk meminum air pada musim kemarau.

Ciri khusus dari pohon baobab yakni pohon ini sangatlah besar serta memiliki ukuran yang panjang menjulang tinggi.

Kenapa Pohon Baobab disebut Pohon Terkutuk

Pohon ini menurut cerita rakyat adalah pohon yang terkutuk. Penyebab pohon Baobab disebut pohon terkutuk karena dulunya pohon baobab memiliki bentuk yang indah menjulang tinggi serta mempunyai daun yang rimbun, tetapi karena hal tersebutlah pohon Baobab menjadi sombong kepada pohon lain, akhirnya dewa marah dan mencabut pohon Baobab untuk ditanam kembali secara terbalik.

BACA JUGA:Jajaran Makanan Teraneh di Indonesia, Salah Satunya Botok Tawon?

Nah sedikit pembahasan mengenai pohon Baobab, selanjutnya mari kita membahas 3 fakta menarik dari pohon Baobab.

3 Fakta Menarik Pohon Baobab

1. Memiliki Bebeberapa Jenis Pohon

Pohon raksasa ini bisa ditemui di bermacam-macam tempat. Setidaknya ada 6 jenis pohon yakni Adansonua grandidieri, A. madagascariensis, A. perrieri, A. suarezensis, A. rubrostipa, dan A. za. Ke enam jenis pohon Baobab ini mempunyai mahkota yang padat, warna batang yang cenderung abu-abu sampai merah yang meruncing dari atas ke bawah. Pohon ini juga memiliki warna bunga yang merah, kuning dan putih, serta memiliki lima kelopak.

2. Pohon Baobab Merupakan Pohon Kehidupan

Alasan mengapa pohon Baobab disebut sebagai pohon kehidupan ialah, karena pohon ini bisa menyimpan air dalam jumlah yang banyak di bagian batang mereka. Inilah yang menjadi salah satu fakta menarik pohon Baobab yang bermanfaat bagi lingkungan kehidupan manusia atau hewan.

Adapun pohon ini juga masih memproduksi buah yang kaya akan nutrisi yang bahkan sampai bertahun-tahun pohon ini mengering.

3.Buah Pohon Baobab Kaya Akan Nutrisi

Kategori :