5 Kota Mati di Dunia yang Ditinggalkan Penduduknya dan Punya Kisah Mengerikan, yang Terakhir Sangat Tragis!

Kamis 03-08-2023,15:04 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Sejumlah kota yang ada di berbagai belahan dunia ini menjadi kota mati yang telah ditinggalkan para penduduknya. Ada beragam faktor yang membuat kota-kota ini kosong, salah satunya karena ada tragedi yang mengerikan.

Kota mati di dunia ini menyimpan kisah yang memilukan dan cukup membahayakan bagi orang-orang yang ingin datang berkunjung. Padahal, dulunya kota-kota ini pernah memberikan kehidupan yang baik bagi para penduduk yang tinggal.

Melansir dari kanal YouTube The Shiny Peanut pada Kamis, 3 Agustus 2023, berikut 5 kota mati di dunia yang menyimpan kisah mengerikan. Nomor 5 memiliki penyebab terparah!

5 kota mati di dunia yang menyimpan kisah mengerikan

1) Pripyat di Ukraina

Kota Pripyat di Ukraina ini merupakan kota mati di dunia yang telah ditinggalkan oleh penduduknya. 

Kota ini berada di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Oblast Kiev, Ukraina. Pripyat dibangun pada 1970 khusus bagi para pekerja pembangkit listrik tersebut.

Dulunya, kota Pripyat sempat dihuni selama 16 tahun sampai akhirnya menjadi kota mati. Hal ini disebabkan oleh tragedi ledakan reaktor nuklir Chernobyl pada 1986 silam, yang sekaligus menjadi bencana nuklir terparah sepanjang sejarah.

Radiasi oleh nuklir tersebut mengakibatkan banyak penduduk di kota Pripyat jatuh sakit yang parah hingga meninggal dunia.

Meski begitu, pemerintah tetap sukses melakukan evakuasi terhadap sebagian besar penduduknya.

Selang 36 jam setelah kebocoran terjadi, tidak pernah ada lagi yang kembali ke kota tersebut. 

Pripyat akhirnya menjadi kota mati dan tidak pernah lagi ada penduduk yang berani menginjakan kaki di kawasan radiasi nuklir tersebut. 

BACA JUGA : Misteri Kota Kuno Inca yang Hilang Machu Picchu, Siapa Sebenarnya Penghuni Kota Ini?

2) Craco di Italia

Kota mati yang tidak berpenghuni di dunia berikutnya adalah Craco di Italia. Kota Craco ini termasuk kota abad pertengahan yang ada di Daerah Basilicata, Provinsi Matera, sekitar 25 kilometer dari daratan Teluk Taranto. 

Kategori :