Ditarget Selesai Akhir 2023, Proyek Pembangunan Pasar Weleri Kendal Senilai 51 Miliar Resmi Dimulai

Jumat 28-07-2023,06:30 WIB
Reporter : Adi Mulyadi
Editor : Adi Mulyadi

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menganggarkan Rp51 miliar untuk pembangunan Pasar Weleri.

Secara resmi pembangunan pasar tersebut dimulai Rabu 26 Juli 2023 ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Pembangunan pasar yang dibiayai murni dari APBD Kabupatane Kendal itu ditarget selesai pada akhir tahun 2023 ini. Sesuai kontrak, pembangunan dilaksanakan selama 150 hari kalender atau 5 bulan. 

Menurut Bupati, pembangunan Pasar Weleri terealisasi berkat dukungan atau kontribusi semua pihak.

Sesuai kontrak, pengerjaannya sampai akhir tahun ini. Adapun biayanya disokong pembiayaan murni APBD Kendal Tahun Anggaran 2023 senilai Rp51 miliar.

BACA JUGA:Kereen! Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara Ternyata Ada di Kendal

“Dulu Pasar Kaliwungu yang kapasitasnya hanya setengahnya dari Pasar Weleri ketika terbakar itu dibangunkan oleh pemerintah pusat, bukan menggunakan anggaran APBD atau anggaran daerah."

"Jadi hari ini Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran sendiri untuk membangun Pasar Weleri. Ini sudah sebuah ikhtiar dan sebuah upaya yang luar biasa yang dilakukan,” jelas bupati.

Lebih jauh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Kendal, Toni Ari Wibowo membeberkan, pembangunan Pasar Weleri dirancang dua tahun anggaran. 

Tahap pertama atau saat ini mulai dilaksanakan. Akhir tahun 2023 ini ditarget selesai, harapannya sudah bisa ditempati oleh pedagang. MenurutToni, tahap II pembangunan akan dilaksanakan 2024 mendatang. 

“Pengerjaan nantinya memang ada dua tahap. Namun kita tetap berusaha agar akhir tahun nanti para pedagang bisa masuk, tapi tentunya para pedagang sebelumnya yang memiliki kios, walaupun nantinya belum secara maksimal,” jelas Toni sebagaimana dilansir radarpekalongan.id.

BACA JUGA:Kampung Unik Candi Promasan Kendal, Desa Tertinggi Di Kendal, Hanya Dihuni 20 KK, dan Butuh Waktu 3 Jam

Toni menegaskan, pihaknya akan mengawal pembangunan pasar ini supaya bisa tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya. 

“Apalagi anggarannya besar dan murni dibiayai APBD Kendal, jadi kita akan all out mengawal proyek ini agar sesuai perencanaan,” tandasnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Tehnik PT Chimarder – Bintang Rama KSO, Roni Winarto mengatakan, sesuai kontrak kerja, pembangunan Pasar Weleri tahap I memiliki waktu pengerjaan selama 150 hari kerja.

Kategori :