Senang Bermain Air, Inilah 5 Perbedaan Kucing Perenang dengan Kucing Normal

Kamis 27-07-2023,22:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

RADAR TEGAL - Kucing normalnya adalah hewan yang anti air hingga butuh perjuangan untuk memandikannya. Namun, kucing perenang ini menjadi anomali bagi dunia perkucingan. 

Kucing perenang ini sering dikenal dengan nama kucing bakau atau fishing cat. Sesuai namanya, kucing liar ini selain menjadi perenang dan penyelam yang handal, ia juga pemancing ulung dalam memburu ikan. 

BACA JUGA:Wajib Dilindungi! Ini 4 Hewan Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Keberadaan kucing perenang ini dapat dijumpai di Asia Selatan dan Tenggara, terutama di daerah hutan mangrove. Sayangnya, kucing bakau dikategorikan terancam punah karena banyak alih lahan pada habitat aslinya.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu hewan unik yang kini terancam punah. Melansir dari kanal youtube Wild Daily berikut informasi mengenai 5 keistimewaan kucing perenang yang terkenal dengan nama kucing bakau.

BACA JUGA:Ternyata Indonesia Punya Hewan Purba yang Masih Hidup, Yuk Kenalan Sama Spesies Endemik Ini

5 Perbedaan kucing perenang dengan kucing normal

1. Habitat alaminya air

Berbeda dengan kucing normal yang takut air, kucing bakau justru senang berenang karena air memang habitat alaminya. Kucing ini umumnya hidup di sepanjang sungai, danau, rawa, dan hutan bakau. 

Kendati demikian, mereka juga kadang-kadang masih dapat ditemui di hutan kering tropis. Bahkan, juga terlihat di Pegunungan Himalaya pada ketinggian 4.900 kaki.

2. Bentuk tubuh yang memungkinkan berenang

Kucing bakau memiliki bulu yang berlapis di mana lapisan pendek tersebut berfungsi untuk menjaga kulit mereka tetap hangat dan kering ketika berada di dalam air. Sementara itu, selaput di jari-jari kaki dan bentuk ekornya yang memipih berfungsi sebagai dayung saat berenang. 

BACA JUGA:Mengenal Keunikan Kucing Busok, Ras Kucing Asli Indonesia

3. Kemampuan unik yang dimiliki kucing bakau

Kucing bakau tidak hanya mampu berenang dengan jarak yang jauh, tetapi juga bisa menyelam di bawah air sungai. Biasanya mereka sedang berburu ikan saat melakukan penyelaman tersebut. 

Kategori :