Sejarah Wisata Seram Rumah Pocong Sumi di Kotagede Jogja, Berani Datang?

Minggu 23-07-2023,15:08 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Berdasarkan dari buku Jogja Hidden Story, ternyata kisah pocong Sumi ini cukup panjang, tepatnya terjadi pada 1935. 

Dahulu, rumah tersebut dihuni oleh Sumini bersama suaminya. Rumahnya ini memiliki gaya Indische, yang merupakan warisan dari orang tua Sumi yang juga pengusaha batik, termasuk suaminya.

BACA JUGA : Pesona Curug Pengantin di Tegal, Ternyata ada Cerita Mistis Dibaliknya

Pada suatu malam, suami Sumi keluar untuk urusan bisnis dan berpesan kepada Sumi agar tidak membukakan pintu rumah saat sedang sendirian.

Rupanya, rumah itu sudah menjadi incaran rombongan rampok sekitar 3 orang. Mereka menggedor-gedor pintu dengan dalih suami Sumi mengalami kecelakaan. Mendengar itu, Sumi yang panik segera membuka pintu dan lupa dengan pesan sang suami.

Alhasil para perampok tersebut mengambil seluruh harta benda yang ada di dalam rumah. Tidak hanya itu, Sumi juga menjadi korban pelecehan dari para perampok tersebut, kemudian dicekik hingga meninggal.

Kosongnya rumah Sumi ini dalam jangka waktu lama membuat banyak makhluk ghaib yang menghuni rumah tersebut.

Ada yang menjelma sebagai sosok pocong Sumi untuk menakuti orang yang lewat. Hal ini tentu kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing. 

Namun, yang pastinya tempat ini selalu menjadi lokasi uji nyali maupun liputan mistis media untuk membuktikan keangkerannya.

Itulah informasi seputar sejarah dan cerita dibalik wisata angker Rumah Pocong Sumi di Kotagede Jogja. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung? (*)

Kategori :