JHT BPJAMSOSTEK, Berikut Kategori Peserta Program, Manfaatnya dan Bisa Cairkan Lewat Online

Sabtu 22-07-2023,20:43 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Jaminan Hari Tua atau JHT BPJAMSOSTEK ( BPJS Ketenagakerjaan )bertujuan menjamin peserta  menerima uang tunai apabila memasuki usia pensiun.

 Hak dari peserta JHT tidak   saja saat   masa pensiun, tetapi juga ketika peserta mengalami cacat total   tetap atau meninggal dunia. Itulah mengapa kemudian peserta BPJS Ketenagakerjaan diharuskan ikut serta   Jaminan Hari Tua BPJAMSOSTEK .

Kategori   Peserta Program JHT BPJAMSOSTEK

Jaminan Hari Tua adalah program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan bertujuan menjamin peserta menerima uang tunai ketika memasuki masa pensiun. Program tersebut dalam   bentuk uang tunai dapat   dibayarkan sekaligus dan sebagian

Hal   lain penting dipahami ingin dibayar sekaligus terdapat beberapa ketentuan maupun persyaratan   tertentu wajib dipenuhi   oleh peserta. Peserta mencapai usia pensiun 56 tahun kemudian mengalami cacat tetap total.

Di samping itu, program JHT dapat diberikan apabila peserta meninggal dunia atau terkena   PHK   oleh peserta. Bisa pula alasan lain peserta memutuskan meninggalkan negara lain untuk selamanya.

Jamian Hari Tua Beda   Jaminan Pensiun

Program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan pada dasarnya adalah tabungan dari peserta.   Atau   dengan kata lain nahwa JHT bekal untuk hari Tua yang setelah masuk masa pensiun nanti

Selain itu JHT BPJAMSOSTEK pada dasarnya merupakan akumulasi iuran plus pengembangan.   Hal menarik dari   program Jaminan Hari Tua   nanti akan diberikn secara berkala.

Kemudian ada manfaat subsidi bunga perumahan yang dapat membantu masalah keuangan ketika mencicil perumahan dan masih banyak lagi manfaat diperoleh     dari program JHT BPJAMSOSTEK .

Jaminan Pensiun

Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan Jaminan Pensiun, karena program Jaminan Pensiun BPJS memberikan perlindungan   terhadap peserta saat   memasuki masa   pensiun.

Manfaat lain dari program Jaminan Pensiun BPJS bisa mempertahankan kehidupan layak dikala penghasilan berkurang.Atau dengan kata lain peserta akan memperoleh   dana bantuan sesudah masuk masa pensiun atau mengalami cacat total tetap.

Perbedaan lain antara Jaminan Hari Tua BPJS   dengan Jaminan Pensiun BPJS terletak besaran iuran yang harus   dibayar. 3,7 % dari upah sebulan ditambah iuran pekerja 2% per bulan, sedangkan JP BPJS hanya   2% dari upah gaji perbulan dan iuran pekerja   1% per bulan.

Peserta Bisa Ambil Lewat   Aplikasi JMO

Pada awalnya proses pengambilan Dana JHT BPJAMSOSTEK   bisa dicairkan yang saldonya   di bawah   Rp   10 juta hanya lewat   kantor cabang BPJS,   tetapi   kini dapat melalui     aplikasi JMO atau Jamsostek   Mobile.

Peseta BPJS tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat kemudian cukup menyiapkan semua berkas dari rumah. Ada beberapa   berkas yang perlu disiapkan seperti KTP, foto identitas   diri   nanti   dari   pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memprosesnya.

Proses pengajuan JHT lewat JMO setelah memenuhi semua persyaratan konfirmasi lewat telephone.   Konfirmasi telephone   baru kemudian juga video call selanjutnya dana cair ke   rekening.

Sebelum   melakukan   pencairan JHT BPJAMSOSTEK lewat online dengan aplikasi JMO. Pastikan terlebih dahulu   install aplikasi dari Play Google   Store atau App Store sampai berhasil.

Pastikan pula peserta mendaftarkan pada aplikasi JMO menggunakan email, KTP dan lainya sesuai ketentuan berlaku. Tanpa download aplikasi   JMO peserta JHT BPJS maupun JP BPJS   tidak bisa mencair dana yang ada   di akun BPJS Ketenagakerjaan.

Lantaran sekarang   sudah memakai sistem tehnologi digital aplikasi JMO, bukan lagi datang ke kantor   cabang. Itulah tadi ulasan singkat mengenai   JHT BPJAMSOSTEK yang dapat jadikan informasi dan pengetahuan.*

 

 

 

Kategori :