Takjub Banget! Ini 4 Pulau Terkecil di Indonesia yang Alamnya Memanjakan Mata

Kamis 20-07-2023,23:04 WIB
Reporter : Mustika Wulan Sari
Editor : Mustika Wulan Sari

RADARTEGAL.DISWAY – Ribuan pulau menghiasi bentang alam Indonesia memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Salah satunya pada 4 pulau terkecil di Indonesia yang pemandangan alamnya mampu memikat siapapun.

Pulau terkecil di Indonesia

Bagaikan kanvas pemandangan, Indonesia sering menjadat julukan negeri surga dunia, termasuk pada pulau-pulau terkecil di dalamnya.

1. Pulau Simping

Pulau ini telah diakui oleh PBB terkait statusnya sebagai pulau terkecil di dunia. Hanya memiliki luas 0,5 hektar, Pulau Simping berada di Singkawang, Kalimantan Barat.

Luas wilayah tidak dapat mengelak keindahan panorama alam yang tersaji di pulau ini. Selain pemandangan laut dan pantai, pulai ini juga menawarkan keindahan bukit-bukit yang ciamik dipandang,

Definisi kecil-kecil cabe rawit, sebab Pulau Simping tidak pernah sepi pengunjung. Lokasi ini menjadi destinasi wisata favorit karena keindahannya terus memikat banyak orang.

BACA JUGA:5 Pulau Cantik yang Tersembunyi di Indonesia, Ada yang Lebih Cantik dari Maldives, loh!

2. Pulau Kecil

Sesuai dengan namanya, pulai ini terletak di Kepulauan Karimunjawa. Kecantikan alam bawah laut Pulau Kecil tidak dapat diragukan sebab sangat memukau.

Berbagai biota laut seperti kepe-kepe, ikan badut, anemon, serta terumbu karang menambah pemandangan yang membuat mata terus memandang.

Memiliki luas sekitar 1,5 hektar, Pulau Kecil adalah tempat yang wajib disambangi bagi pecinta diving dan snorkeling.

Tenang saja, bagi yang suka santai di tepi pantai, terdapat pondok kayu yang dikelilingi dengan pohon cemara dan kelapa. Nuansa angin dan horizon yang memukau dijamin akan menenangkan pikiran dan melepas stress.

BACA JUGA:5 Pulau yang Dulunya Indonesia, Ada Dua yang Pernah Jadi Rebutan Malaysia

3. Pulau Samalona

Berlokasi dekat dengan Pantai Losari Makassar, Pulau Samalona hanya memiliki luas 2 hektar. Meskipun kecil, pulau in menyuguhi keindahan bawah laut yang terkenal ke seluruh dunia.

Setiap harinya pulau ini selalu terdapat wisatawan lokal maupun asing. Keindahan alam yang memikat membuat pulau ini menjadi salah satu tempat utama bagi penyelam.

Kelebihan di pulau ini terdapat jasa penyewaan alat-alat diving dan snorkeling yang dilengkapi dengan pemandu. Jadi, sangat memudahkan pemula yang baru mau mencoba.

Tarif penyewaan alat sekitar Rp50 – Rp100 ribu. Jika kamu dapat bernegosiasi menawar harga, maka itu akan lebih bagus.

Tidak perlu khawatir jika kamu bukan penyelam, sebab keindahan bawah laut di Pulau Samalona tetap dapat dinikmati dari atas air.

BACA JUGA:5 Kota Terdingin di Indonesia, Tiga di Antaranya Ada di Pulau Sumatera

4. Pulau Macan

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin healing ala-ala ke pantai, tetapi masih bingung mau kemana. Nah, Pulau Macan ini dapat menjadi salah satu pilihan berwisata.

Lokasinya yang dekat di Kepulauan Seribu, tentu tidak menyita banyak waktu untuk ke sini. Pulau Macan merupakan salah satu pulau kecil yang sangat indah.

Memiliki luas hanya 0,8 hektar, menjadikan Pulau Macan menjadi salah satu pulau terkecil di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi.

Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih sangat memanjakan mata. Selain itu, Pulau Macan telah dibangun dengan konsep Eco Resort Village.

Konsep tersebut akan membuat pengalaman berkunjung semakin berkesan dan nyaman. Kamu dapat bersantai melepas penat dan stress saat berlibur di sini.

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu, tentunya akan sangat menikmati healing ke Pulau Macan. Sebab, untuk berkeliling hanya memakan waktu sekitar 3 menit.

Kegiatan seperti menyelam, snorkeling, banana boat, dan berkayak juga dapat dilakukan di sini sepuas hati.

 BACA JUGA:5 Rekomendasi Pantai di Tegal yang Indah dan Menyenangkan untuk Berlibur

Nah, itu dia berbagai ulasan terkait 4 Pulau Terkecil di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi destinasi liburanmu. Kalau kamu, mau coba pergi kemana dulu? ***

Kategori :