5 Sungai Paling Bersih di Indonesia, Ada yang Mirip Sungai Amazon!

Minggu 16-07-2023,22:23 WIB
Reporter : Afiyah Rizqi Haryani
Editor : Afiyah Rizqi Haryani

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sungai yang bersih akan menghasilkan air yang jernih. Tak jarang kita menemukan sungai kotor, atau sungai yang airnya dipenuhi lumpur atau tanah kotor.

Banyak juga sungai-sungai yang isinya sampah yang menimbulkan bau tak sedap. Hal-hal tersebut tidak berlaku di 5 sungai ini.

Melansir dari kanal youtube LiverLona, berikut 5 sungai paling bersih di Indonesia.

BACA JUGA:Indah Bagaikan Surga, Ini Sungai Paling Bersih di Indonesia

5 Sungai paling bersih di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sungai dengan pemandangan yang memesona. Sungai yang bersih tentu akan cocok untuk jadi alternatif wisata alam.

1. Kolam Abadi, Sumatera Utara

Di Kolam Abadi Sumatera Utara, kejernihan airnya akan membuat Anda bisa melihat melihat dasar sungai yang berisi batuan dan pasir. Warna kebiruan dari air sungai juga akan memikat hati Anda.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan kesegaran airnya ditambah suasana alam yang sejuk dan asri. Hal tersebut juga pastinya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Sungai ini memiliki aliran sungai yang tak deras. Maka dari itu, sungai ini terlihat layaknya kolam yang abadi seperti namanya sendiri.

2. Sungai Watergong, Klaten

Tahukah Anda dengan Sungai Watergong, Klaten? Sungai ini sempat viral di media sosial.

Memiliki air yang jernih dengan ikan-ikan di dalamnya , menjadikan sungai ini seperti sungai di Jepang.  Watergong Klaten terkenal dengan aliran sungai nya yang jernih dan juga sejuk.  

Bagi Anda yang senang mengunjungi wisata alam seperti sungai yang tenang, Waterboom Klaten cocok dijadikan pilihan.  Tenangnya aliran sungai di tempat ini akan memb uat Anda merasa damai .

3. Sungai Ni yama , Tulungagung

Sungai Niyama berarti sungai yang terletak diantara dua gunung . Kata ‘ni’ dalam Bahasa Jepang berarti dua, adapun ‘yama’ berarti gunung. Sebenarnya, sungai ini bukan merupakan objek wisata .  

Tetapi, karena terkenal dengan keindahan dan kejernihan airnya, sungai ini menjadi ramai dikunjungi orang-orang. Apalagi, tempat ini tidak berbayar sepeserpun.

4. Sungai Maron, Jawa T imur

Sungai Maron menjadi salah satu sungai paling bersih di Indonesia. Banyak orang bilang sungai ini seperti Amazonnya Indonesia.

Disebut-sebut mirip seperti Sungai Amazon karena letaknya di antara deretan pepohonan rindang dan air sungainya berwarna kehijauan.  

BACA JUGA:5 Alasan Desa Adat Penglipuran Dinobatkan Menjadi Desa Terbersih di Dunia

5. Sungai Kalibiru, Papua

Sungai ini terletak di Teluk Mayalibit, Kampung Wasandim, Raja Ampat, Papua. Membentang jauh dengan permukaan air yang jernih nan segar, sungai ini menjadi salah satu sungai paling bersih di Indonesia.

Saking jernihnya sungai ini, Anda dapat me lihat permukaan sungai yang diselimuti bebatuan dan pasir tanpa harus menyelam. Seperti namanya, sungai ini memiliki permukaan air berwarna kebiruan dengan deretan pohon rimbun di sekelilingnya.

Demikian informasi mengenai 5 sungai paling bersih di Indonesia. Bagi Anda yang berkunjung ke salah satu sungai di atas, tetaplah menjaga kebersihan agar sungai tidak tercemar.***

Kategori :