Mengenal Strategi Pemasaran 4P, Beserta Contoh Penerapannya

Jumat 23-06-2023,16:14 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

Dengan ini sangat penting bagi Anda untuk memiliki strategi penetapan harga yang efektif. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan analisis terhadap harga pasar yang berlaku atau menghitung dengan cermat harga pokok penjualan (HPP).

3. Place

Adapula salah satu faktor penentu dari keberhasilan suatu produk ialah pemilihan tempat atau lokasi, untuk memilih lokasi, kamu bisa memilih lokasi atau tempat yang strategis. Maksud dari strategis dalam hal pemasaran ialah tempat yang sering ramai didatangi orang atau biasa dilalui orang.

Tujuan dari memilih lokasi yang strategis sendiri ialah agar calon pembeli atau customer merasa tertarik untuk datang ketempat kamu, dilain itu lokasi yang strategis dapat membantu tempat usaha kamu mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli.

4. Promotion

Dalam upaya promosi, terdapat dua tujuan yang dapat dicapai. Pertama, meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda dan menginformasikan orang tentang usaha tersebut. Kedua, membujuk mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi pemasaran 4P ini bertumpu pada komunikasi yang tepat untuk berinteraksi dengan target audiens Anda.

Saat ini, promosi produk tidak hanya dilakukan melalui media konvensional, tetapi juga melalui platform digital seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads. Selain itu, memanfaatkan media sosial bisnis Anda dengan menyajikan konten informatif, edukatif, dan lainnya juga menjadi pilihan yang efektif.

BACA JUGA:Ketahui Sistem dan Cara Menggunakan Google Opinion Rewards Untuk Dapatkan Saldonya!

Contoh penerapan Strategi pemasaran 4P

Dalam kasus ini kami akan mengambil contoh salah satu perusahaan besar untuk menetahui contoh penerapan Strategi 4P dalam pemasaran.marketing,strategi pemasaran,

Product

McDonald's merupakan bisnis yang bergerak dibidang F&B, yang dimana perusahaan ini memiliki beragam produk makanan dan minuman.

Baurang produk McDonald's memiliki beberapa produk utama yakni:

  • Hamburger
  • Sandwich
  • Ayam goreng
  • Salad
  • Makanan ringan
  • Minuman
  • Makanan sarapan
  • McCafe
  • Product

Places

McDonald's menghasilkan sebagian besar pendapatan penjualannya dari restorannya.

Selain itu, beberapa restoran juga memiliki kios yang menyediakan produk pilihan terbatas, seperti sundae dan makanan penutup lainnya.

Kategori :