Mengenal Strategi Pemasaran 4P, Beserta Contoh Penerapannya

Jumat 23-06-2023,16:14 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

Tegal, radartegal.disway.id - Membahas strategi pemasaran 4P beserta cara penerapan dan contohnya.

Strategi pemasaran 4PDalam melakukansebuah usaha atau bisnis, pastinya strategi sangat diperlukan  agar usaha atau bisnis yang dilakukan berhasil. Strategi dalam membangun keberhasilan bisnis dapat dimulai dari hal yang sederhana seperti penentuan produk yang tepat, melakukan strategi yang efektif, dan lain-lain.

Dari sekian banyak strategi marketing yang sering digunakan oleh para pebisnis, ada elemen penting strategi yang harus digunakan dan dipahami. Elemn penting itu berupa 4 elemen yang sering disebut dengan strategi pemasaran 4p. Keempat strategi tersebut berperan penting untuk keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan.

Nah bagi kamu yang belum tahu apa itu strategi pemasaran 4P, kamu bisa simak artikel ini terus.

Definisi Strategi 4P

Umumnya melakukan pemasaran sendiri bertujuan untuk membuat para customer mengetahui keberadaan produk yang dimiliki kamu, sehingga para customer bisa lebih tahu dan tertarik dengan produk yang ditawarkan kamu.

Strategi pemasaran 4P adalah kumpulan komponen dasar yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi, yang digunakan oleh bisnis sebagai panduan awal untuk menciptakan keinginan dan minat konsumen dalam membeli produknya.

Strategi pemasaran 4P, juga dikenal sebagai bauran pemasaran 4P, terdiri dari empat elemen penting, yaitu product, price, place, promotion (produk, harga, tempat, dan promosi). Strategi pemasaran ini bukan hanya relevan untuk perusahaan besar, tetapi juga penting bagi para pengusaha UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

BACA JUGA:Bank Mandiri Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Match Day

Membahas Strategi Pemasaran 4P

1. Product

Produk merupakan hal terpenting dalam memulai bisnis, sebab produk merupakan senjata utama dalam bisnis. Produk sendiri merupakan bahan yang akan ditawarkan ke sejumlah customer untuk menghasilkan labaj, yang nantinya akan digunkanan untuk mengembangkan bisnis kamu.

Sebelum merancang strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda, langkah awal yang penting adalah meningkatkan kualitas produk. Salah satu caranya adalah dengan meminta masukan, saran, atau kritik dari pelanggan Anda guna memastikan kepuasan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.

2. Price

Adapula bagian dari elemen 4P yakni, Price atau harga. HArga sendiri merupakan nilai jual yang harus diberikan oleh orang yang akan membeli barang dari penjual. Komponen ini akan sangat berpengaruh dalam penjualan produk, seringnya calon customer akan melakukan perbandingan antara produk kamu dan produk kompetitor kamu, untuk mengetahui nilai yang diberikan, serta membandingkan nilai jualnya.

Kategori :