Ustaz Hanan Attaki Resmi Gabung ke NU, Syahadat saat Baiat Jadi Sorotan

Sabtu 13-05-2023,13:33 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

La haula wala quwwata illa billahil aliyyil 'adzim

Ustaz Hanan Attaki membaca syahadat saat berbaiat kepada Nahdlatul Ulama (NU). Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur mengatakan pembacaan syahadat bukan berarti seseorang masuk Islam lagi.

Terkait hal ini, Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur mengatakan hal tersebut bukan sesuatu yang perlu menjadi masalah. 

Gus Fahrur mengatakan seseorang yang membaca kalimat syahadat saat baiat merupakan hal yang lumrah. Bahkan, kata Gus Fahrur, ada juga yang menganjurkan.

"Ya, demikian itu lumrah dan sering dilakukan, bahkan juga ada anjuran untuk mengucapkan kalimat syahadat," ujar Gus Fahrur.

Karena bacaan tersebut bukan berarti seseorang masuk Islam lagi.

"Ya tidak mengapa, hanya kebiasaan baiat saja. Tidak wajib baca syahadat bagi orang Islam. Baca syahadat itu baik saja, bukan berarti masuk Islam lagi," kata Gus Fahrur, Jumat, 12 Mei 2023.

Dia lalu menjelaskan soal dalil yang menganjurkan syahadat dibacakan setelah wudu. Selain itu, umat Islam biasa mengucapkan syahadat ketika salat.

"Ada anjuran hadis untuk baca syahadat setelah wudu. Kita juga baca syahadat ketika salat. Juga ketika azan," ujar Gus Fahrur menjelaskan soal ini. ***

Kategori :