Dengan tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
“Kami terus menantang para siswa berpikir kritis dan kreatif sehingga menghasilkan karya yang mampu menjawab isu-isu sosial dan lingkungan yang ada. Kami melihat beragam ide dan temuan dari siswa SMA menarik untuk dikembangkan lebih lanjut melalui penyempurnaan sesuai standar yang berlaku. Apresiasi tinggi kami sampaikan bagi seluruh peserta yang telah mengatur waktu di tengah kesibukan studi untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujar Muhib.
Gelaran tahunan AHM Best Student tahun ini dibuka sejak 11 Mei hingga 31 Juli 2022. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang di level regional melalui jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Dari tingkat regional, sebanyak 22 karya dari 79 karya yang masuk di level nasional dan dinilai oleh dewan juri profesional di bidangnya. Seperti Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, akademisi seperti dosen PPM School of Management dan London School of Public Relations dan juga juri dari kalangan praktisi.
Karya-karya terbaik AHM Best Student 2022 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp72 juta. Tahun ini, siswa dapat mengikuti kompetisi pada dua kategori.
Kategori ide merupakan karya yang masih berada dalam tahapan konsep yang diwujudkan dalam bentuk prototype atau purwarupa dan memiliki potensi dampak dan manfaat saat penerapannya.
Sementara itu, kategori invensi merupakan karya yang sudah dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dan minimal sudah diuji oleh pihak berkompeten atau mendapatkan pengakuan manfaat serta memiliki identitas produk yang memberikan dampak terukur.
Wadahi Kreatifitas Alumni
Selama dua dekade, AHMBS telah diikuti oleh 1.284 orang yang kini memiliki beragam profesi baik itu sebagai karyawan, wiraswasta, dosen hingga dokter.
Tahun ini, sebanyak 4 alumni AHM Best Student yang bergerak di bidang kewirusahaan mendapatkan dukungan dana pengembangan UMKM dengan total nilai Rp 100 juta. Bantuan ini akan terus bergulir bagi para alumni lainnya sesuai dengan kriteria.
Di gelaran spesial ke-20, AHM juga mengukuhkan forum alumni yang tergabung di Sahabat AHM Best Student sebagai ruang untuk berkolaborasi dan sekaligus sarana komunikasi dan berjejaring dalam menapaki masa depan.
“AHM Best Student telah membuka wawasan hidup, mengasah kepercayaan diri dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan. AHMBS wadah yang tepat untuk berkreasi dan menginspirasi generasi penerus melalui kreasi yang positif sekaligus melakukan networking dengan teman seusia dari seluruh Indonesia,” ungkap Gracia Paramitha Ph.D sebagai alumni tahun 2006 yang memiliki profesi sebagai akademisi di salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jakarta.
AHMBS mendapatkan dukungan penuh dari mitra yang bersinergi seperti Yayasan Astra Honda Motor, FIF Group, PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing; PT Musashi Auto Parts Indonesia; PT Suryaraya Rubberindo Industries dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.
Ajang bergengsi ini pun ditutup dengan berbagai apresiasi seperti Best School untuk 3 sekolah terpilih, peserta AHMBS Favorit, Best Main Dealer bagi 3 jaringan sepeda motor Honda penyelenggara program regional terbaik dan juga beragam hadiah seperti doorprize, giveaway dan lucky voter dengan total lebih dari Rp14 juta. (*)