Dihiasi Payung Warna-warni, Mapolsek Tegal Barat Instagramable dan Jauh dari Imej Menyeramkan

Selasa 14-06-2022,21:28 WIB

Ada pemandangan yang tak biasa yang bisa didapati saat memasuki halaman Polsek Tegal Barat Polres Tegal Kota. Kantor yang letaknya di Kelurahan Tegalsari KotaTegal, itu kini jauh dari kesan menyeramkan yang biasanya dirasakan saat ada di dalam institusi Kepolisian.

Dimulai dari halaman depan, diberikan warna cat merah pada paving dan garis penanda untuk pengunjung difabel, menghadirkan gerobak baca yang dilengkapi buku-buku bacaan, kursi-kursi santai untuk pengunjung yang ingin membaca buku.

Termasuk tempat yang teduh dengan tambahan kanopi dan payung warna-warni yang ditempatkan di halaman depan Polsek.

Kapolsek Tegal Barat Kompol Aries Heriyanto mengatakan, pihaknya ingin menghilangkan kesan Polsek yang seram.

Karenanya, dalam waktu yang relatif singkat dirinya menyulap tampilan kantornya itu agar ramah terhadap warga yang datang.

"Filosofi payung sebagai pelindung dari terpaan hujan dan panas terik matahari, yang diartikan, Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Tidak hanya itu, bagi pengunjung anak-anak, Polsek Tegal Barat juga menyediakan ayunan, dan kursi roda bagi pengunjung difabel," katanya.

Selain itu, kata Kapolsek, pihaknya menyulap tampilan kantor itu untuk memeriahkan Lomba Polsek Terbersih dan Terindah yang digelar untuk memperingati HUT Bhayangkara ke 76. Serta untuk memberikan pelayanan yang baik dan menyenangkan untuk masyarakat. 

Ketua Tim Penilai Kompol Evi Wijayatni yang ikut mengunjungi Markas Polsek Tegal Barat mengatakan, ada kriteria penilaian untuk kompetisi Polsek terindah.

Di antaranya kebersihan dan keindahan, sarana dan prasarana, fasilitas difabel dan mekanisme terkait pelayanan apakah dikeluhkan masyarakat atau tidak.

"Bagi yang berhasil menjadi juara, nantinya akan mendapatkan hadiah yang akan diserahkan pada saat resepsi HUT Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022," ujar Kompol Evi.

Selain itu, kata Evy,  dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara juga dilaksanakan bhakti sosial. Di antaranya, giat kebersihan di Polres Tegal Kota dan di Asrama Polisi. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait