Inggris Launching Skema Rumah untuk Ukraina, Sehari yang Daftar Lebih dari 100 Ribu

Rabu 16-03-2022,07:30 WIB

Pemerintah Inggris meluncurkan program skema Rumah untuk Ukraina, Senin (14/3) lalu. Begitu dibuka, dalam sehari tercatat lebih dari 100.000 rumah tangga di Inggris yang mendaftar.

Program skema 'Rumah untuk Ukraina' ini diluncurkan untuk menampung para pengungsi asal Ukraina yang melarikan diri dari konflik dengan Rusia. Skema Rumah untuk Ukraina, memberi kesempatan warga Inggris untuk menampung pengungsi di kediaman mereka selama minimal enam bulan.  
 
Setiap tuan rumah yang terpilih nantinya akan diberikan pajak pembayaran "terima kasih" sebesar 350 poundsterling (setara 457.49 dolar AS) per bulan  sebagaimana yang dikutip dari AFP, Selasa (15/3).

Warga Inggris yang berminat wajib melakukan pendaftaran secara online melalui situs web. Baik pemilik rumah maupun pengungsi, harus melewati pemeriksaan dan beberapa tes untuk memastikan bahwa kedua pihak layak ikut skema tersebut.

Otoritas lokal di Inggris juga akan memberikan lebih dari 10.000 poundsterling (setara 13.070 dolar AS ) per orang Ukraina yang ditempatkan di daerah mereka untuk membantu menutupi biaya layanan, seperti pendidikan dan kesehatan.

Dukungan yang cukup besar dari warga negara Inggris datang ketika pemerintah Inggris menghadapi kritik atas tanggapannya yang lambat terhadap arus orang yang melarikan diri dari Ukraina.  

PBB memperkirakan bahwa lebih dari 3 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak pasukan Rusia memulai serangan militer mereka bulan lalu.
 
Berbeda dengan 100.000 warga Inggris yang siap menampung warga Ukraina, pemerintah Inggris hanya mengeluarkan 4.000 visa di bawah Skema Keluarga Ukraina alternatif.  

Proses visa ini memungkinkan kerabat warga negara Inggris atau orang yang menetap di Inggris untuk melamar masuk ke Inggris. (rmol/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait