Puluhan Santriwati di Brebes Diduga Keracunan Makanan dan Dilarikan ke Rumah Sakit

Jumat 24-12-2021,15:39 WIB

Puluhan santriwati di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. Mereka dilarikan ke rumah sakit lantaran diduga keracunan setelah makan siang, pada Kamis (23/12) lalu. 

Salah seorang pendamping santriwati yang menemani para santri di IGD RSUD Brebes yang enggan disebutkan namanya mengatakan, awalnya para santri itu mendapatkan udang yang diberi oleh dermawan saat makan siang. Setelah itu, puluhan santri tersebut memakan udang tersebut. 

Namun, selang beberapa jam, para santri mengeluhkan mual dan muntah. Bahkan, dari mereka ada yang terkena diare sehingga oleh pihak pengelola pondok para santri dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. 

"Ya habis makan udang itu, malamnya para santri mulai kerasa, ada yang muntah dan diare. Dan sampai ada yang dibawa ke rumah sakit," ujarnya. 

Selain dibawa ke RSUD Brebes, ada beberapa santri lainnya yang mengeluh dengan gejala yang sama juga dilarikan ke rumah sakit lainnya. Di antaranya di RS Bhakti Asih dan RS Dedy Jaya. 

"Di RSUD Brebes ada 11 santriwati, tapi kata dokter, delapan santri hari ini boleh pulang rawat jalan. Sedangkan 3 santriwati lainnya sedang dalam perawatan intensif," jelasnya. 

Sementara itu, Kasi Keperawatan RSUD Brebes Trisno mengatakan,  kondisi para santriwati yang dilarikan ke IGD dini hari tadi dalam kondisi gejala keracunan makanan ringan. Namun, kondisinya saat ini sudah mulai membaik. 

"Datang itu sekitar pukul dua dini hari tadi, dan rata-rata mereka mengeluh mual, muntah dan diare. Dan alhamdulillah tidak ada yang serius. Sebagian dari mereka juga sudah diperbolehkan pulang," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait