Varian Omicron Bisa Menyerang Siapa Saja Termasuk Anak Muda, Tapi Ringan Infeksinya

Kamis 02-12-2021,04:20 WIB

Siapa pun bisa terpapar varian baru Covid-19 Omicron atau B.1.1.529, yang kini menjadi kekhawatiran dunia. Termasuk kaum muda.

Namun, keluhan infeksinya lebih ringan ketimbang kelompok usia lainnya. Penerapan protokol kesehatan (prokes) diyakini masih ampuh mencegah penularan.

"Dari laporan awal studi menunjukkan kaum muda cenderung keluhannya lebih ringan. Tetapi kepastian dampak berat varian Omicron baru akan ada dalam beberapa hari atau minggu ke depan," kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Rabu (1/12).

Menurutnya, semua varian COVID-19 sejauh ini dapat menimbulkan penyakit berat dan kematian. Terutama pada kelompok rentan. Seperti lansia, komorbid, gangguan imunitas dan lainnya. Masyarakat disarankan tetap waspada dan melakukan pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan.

WHO sendiri masih mempelajari dampak potensial varian terhadap vaksin. WHO menyebut vaksin tetap penting untuk mengurangi risiko keparahan penyakit dan kematian.

Seperti diketahui, varian Omicron pertama kali terkonfirmasi pada 9 November 2021. WHO mengelompokkan Omicron sebagai variant of concern (VOC) atau kelompok kewaspadaan tertinggi pada 26 November 2021.

Penetapan VOC pada Omicron ini berjarak 17 hari sejak ditemukanya varian tersebut. Selain di beberapa negara Afrika, varian ini juga sudah dilaporkan muncul di Belgia, Hongkong, Inggris, Uni Eropa, Singapura, Jepang, Malaysia, Filipina, Israel, Tukri, Mesir, Saudi Arabia, Bahrain, Yordania, Amerika Serikat dan Kanada. (rh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait