Lima Orang di Kabupaten Tegal Kembali Terpapar Covid-19, Ini Datanya

Rabu 27-10-2021,14:55 WIB

Sempat dinyatakan nol kasus Covid-19 selama satu Minggu lebih, kini muncul lagi kasus tersebut di lima kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Talang, Adiwerna, Kramat, Bumijawa, dan Slawi. 

Plt Kadis Kesehatan Hendadi Setiaji, Rabu (27/10), mengatakan sejak, Senin (18/10) lalu, Kabupaten Tegal dinyatakan nol kasus Covid-19. Namun setelah sepekan berlangsung, kini muncul lima orang yang terpapar virus Corona. 

Dari jumlah tersebut, empat orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan sisanya dirawat di rumah sakit. "Kelima pasien itu bukan merupakan satu keluarga. Tapi mereka tersebar di 5 kecamatan," katanya. 

Adapun yang dirawat di Rumah Sakit Harapan Anda Kota Tegal, tambah Hendadi Setiaji, berasal dari Kecamatan Adiwerna. Penambahan kasus Covid-19 ini diketahui saat mereka hendak melakukan perjalanan jauh.

Mereka menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium milik swasta. Jadi ketika mereka akan pergi ke luar kota, syaratnya harus PCR. Setelah PCR, ternyata hasilnya positif. 

"Mereka tanpa gejala. Kondisinya sehat. Setelah lima orang itu dinyatakan positif Covid-19, dinkes telah melakukan tracing terhadap seluruh kontak erat para pasien. Setiap kontak erat antara lima sampai tujuh orang yang dites swab atau tracing. Hasilnya negatif semua. Dengan adanya kasus ini, artinya Covid-19 di Kabupaten Tegal belum berakhir," tambahnya. 

Untuk itu, lanjut Hendadi, masyarakat harus tetap waspada. Menerapkan prokes secara ketat. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. 

"Dengan menerapkan prokes ketat, kemungkinan terkena virus corona kecil," ucapnya. (guh/ima/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait